Home / MEDAN TODAY / 10 Ribu Umat Budha Medan Gelar Aksi Doa Bersama

10 Ribu Umat Budha Medan Gelar Aksi Doa Bersama


DOA BERSAMA. Walikota Medan Dzumi Eldin menerima panitia Doa Bersama Untuk Nusantara di rumah dinas Walikota Jalan Sudirman Medan, Kamis (3/11/2016). Disampaikan Umat Budha se-Kota Medan menggelar doa bersama yang dihadiri sekitar 10.000 orang di lokasi eks Bandara Polonia Medan, Jumat pekan depan (19/11/2016).

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Umat Budha se-Kota Medan menggelar doa bersama yang dihadiri sekitar 10.000 orang di lokasi eks Bandara Polonia Medan, Jumat pekan depan (19/11/2016).

Selain doa bersama, mereka juga akan melaksanakan donor darah dengan target mengumpulkan 3 ribu kantong darah. Hasil donor darah ini nantinya akan disumbangkan kepada warga yang membutuhkan tanpa membedakan warna kulit, agama, suku maupun etnis.

Kegiatan ini diselenggarakan murni sebagai wujud rasa nasionalisme umat Budha di Kota Medan.

Demikian terungkap ketika panitia Doa Bersama Untuk Nusantara beraudiensi dengan Walikota Medan, Dzulmi Eldin di rumah dinas Walikota Jalan Sudirman Medan, Kamis (3/11/2016).

Panitia yang beraudiensi itu masing-masing Sutrisno SH (ketua), Tongaridjo Angkasa (ketua dewan pembina) Tony Tukimin (wakil ketua), Ridwan SE (wakil ketua) dan Alain Surya (koordinator fangsen).

Baca Juga:  #USUBanjir, Aktivitas Belajar Terganggu

BACA JUGA
Demo 4 November di Sumut, Polda Kerahkan 10 Ribu Personil

Dijelaskan Sutrisno, audiensi ini dilakukan untuk melaporkan kepada Walikota terkait dengan pelaksanaan doa bersama yang akan dilakukan.

“Sebagai warganya, kita minta dukungan penuh Pak Wali agar doa bersama yang kita laksanakan ini berjalan dengan lancar. Doa bersama kita lakukan ini murni untuk negeri,” kata Sutrisno.

Selanjutnya Sutrisno memaparkan, kegiatan ini direncanakan berlangsung selama tiga hari 18-19 November. Pembukaan acara dilakukan, Jumat (18/11/2016), yang kemungkinan akan dihadiri Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin. Acara pembukaan ditandai dengan pelepasan burung.

Keesokan hari, Sabtu (19/11/2016), dilanjutkan dengan doa bersama 10.000 umat Budha Kota Medan.

“Kemungkinan umat Budha di luar Kota Medan, seperti Aceh, Jakarta, Surabaya, Semarang, Batam serta Makasar akan datang mengikuti doa bersama ini. Doa bersama ini berlangsung hingga malam hari,” ungkapnya.

Baca Juga:  Berita Foto: Paskah di Medan

Sedangkan Minggu (20/11), acara akan dilanjutkan dengan donor darah bekerjasama dengan palang Merah Indonesia (PMI). Untuk kegiatan ini, Sutrisno berharap tidak hanya umat Budha saja yang mendonorkan darah, tapi juga mengajak umat agama lainnya untuk bersama-sama menyumbangkan darahnya.

“Kita berencana akan mengumpulkan 3.000 kantong darah dari kegiatan donor darah ini. Selanjutnya darah ini akan disumbangkan kepada saudara-saudara kita yang   membutuhkannya tanpa melihat apa etnisnya, warna kulitnya, agamanya maupun sukunya. Yang penting dia merupakan warga negara Indonesia,” paparnya.

Walikota Medan, Dzulmi Eldin didampingi Asisten Umum, Ikhwan Habibi Daulay, Kadispenda Kota Medan, M Husni dan Kabag Agama dan Pendidikan, Ilyas Halim sangat mendukung doa bersama yang dilakukan umat Budha Kota Medan.

Apalagi dalam doa bersama ini, umat Budha juga berencana akan menyumbangkan 3.000 kantong darah melalui donor darah.

Baca Juga:  Sambangi Gerindra, Kapolresta Ajak Parpol Ciptakan Kekondusifan

Dengan tingginya antusiasme umat Budha Kota Medan mendukung dan mengikuti kegiatan tersebut, Eldin berharap dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan. Eldin yakin dengan kebersamaan, semua persoalan dapat diatasi. [ded]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up