Home / NEWSSUMUT / 100 Orang Warga Danau Toba Dididik Jadi Petugas Syahbandar

100 Orang Warga Danau Toba Dididik Jadi Petugas Syahbandar


Menteri Perhubungan, Budi Karya usai menghadiri Dialog Nasional di Medan, Kamis, (5/7/2018).

EDISIMEDAN.com, MEDAN- Kementerian Perhubungan akan memberikan pendidikan terhadap 100 orang warga sekitar untuk dijadikan petugas Syahbandar diseluruh pelabuhan yang ada di Danau terbesar di Asia Tenggara itu. Ini dilakukan dalam rangka pembenahan pelayaran di kawasan Danau Toba.

Menteri Perhubungan, Budi Karya mengatakan sudah saatnya Pemerintah Indonesia hadir langsung ke Danau Toba untuk melakukan penataan pelayaran, sehingga insiden tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun tidak terulang kembali dikemudian hari.

“Kami juga akan melakukan pendidikan bagi warga-warga di Danau Toba, hari saya akan membuka kursus untuk 100 orang safety dan kesyahbandaran,” ucap Budi Karya usai menghadiri Dialog Nasional di Medan, Kamis, (5/7/2018).

Budi menjelaskan dengan kejadian KM Sinar Bangun, pihak Kemenhub berkordinasi dengan Mendagri dan Menpan RB untuk resolusi organisasi atau menambah petugas pengawas langsung dilakukan dari Pemerintah Pusat untuk pelayaran di Danau Toba.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Seluruh OPD Diminta Aktif Sosialisasikan Protokol Kesehatan

“Saya pikir operasional bisa dilakukan Provinsi dan Kabupaten. Untuk kompetensi pengawasan akan dilakukan dari pusat,” tutur Budi.

Untuk melakukan pengelola pelayaran di Danau Toba dengan dilakukan standar operasional pelayaran bersama dengan TNI/Polri ‎untuk melakukan pengawasannya.

“Dengan pengelolaan sesuai dengan amanah Undang-undang mengutamakan keselamatan. Oleh karena itu, kita melakukan kroscek, kita juga melakukan penelitian tentang hal-hal menuhi safety seperti Life Jeket dan sebagainya,” jelas Budi. [ska]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up