Home / BISNIS / SBY Diberi Gelar Bapak Penggerak Pembangunan Koperasi

SBY Diberi Gelar Bapak Penggerak Pembangunan Koperasi


MEDAN| Puncak acara peringatan Hari Koperasi ke-67 diwarnai dengan pemberian gelar ‘Bapak Penggerak Pembangunan Koperasi’ untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Gelar ini diberikan karena penilaian atas sumbangsihnya yang besar untuk perkoperasian di Indonesia.

Anugerah dalam bentuk selempang itu diberikan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Syarief Hasan dan Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid dalam acara yang berlangsung di Lapangan Benteng, Medan, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (15/7/2014) sore. Acara itu dihadiri sekitar 1.000 orang pelaku perkoperasian.

Menurut Syarief Hasan, pemberian gelar itu diberikan karena sumbangsih SBY yang besar dalam mengembangkan perkoperasian di Indonesia. Jumlah koperasi, keanggotaan koperasi maupun modal uang yang digulirkan kepada koperasi meningkat pesat semasa pemerintahan SBY. Selain itu koperasi Indonesia juga berkiprah di tingkat internasional.

Baca Juga:  Presiden Berbuka Puasa Bersama Tokoh dan Ulama di Sumut

Kendati menerima penghargaan gelar secara khusus, namun SBY tidak membahas gelar tersebut dalam pidatonya. Ketika memberikan sambutan SBY, menyoroti tentang pentingnya koperasi untuk tumbuh dan berkembang. Koperasi merupakan tonggak perekonomian yang penting.

“Koperasi tetap relevan dan penting sepanjang masa,” kata SBY.

Sebagai negara dengan ekonomi teresar ke-10 di dunia, pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup menggembirakan. Namun pertumbuhan ekonomi itu, kata SBY, jangan sampai hanya dinikmati sebagian orang saja, melainkan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Ada empat hal yang pokok yang akan terus mendukung pertumbuhan ekonomi itu. Pertama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang harus tumbuh dan berkembang. Petumbuhan BUMN akan menciptakan lapangan kerja, dan pembayaran pajak. Pajak itu penting karena merupakan 70 persen sumber penghasilan negara.

Baca Juga:  Blibli.com Memperkuat Posisi Sebagai E-Commerce Terdepan

Aspek kedua Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus tumbuh dan berkembang, sehingga kesejahteraan rakyat akan semakin merata. Ketiga, koperasi yang jelas-jelas membawa manfaat bagi anggotanya. Keempat, pemerintah harus tetap mengasuh, mendorong dan memajukan koperasi. [abu riyadh|khi]

Terkait


Berita Terbaru