Home / SUMUT / Tengku Erry Minta JK Lanjutkan Bangun Pembangkit Listrik 10 Ribu MW

Tengku Erry Minta JK Lanjutkan Bangun Pembangkit Listrik 10 Ribu MW


MEDAN | Wakil Gubernur Sumatera Utara meminta Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla (JK) melanjutkan program pembangunan pembangkit listrik 10 ribu Megawatt saat menjabat Wakil Presiden mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Program tersebut dirasa sangat mendesak, karena Sumut mengalami krisis listrik berkepanjangan dalam 5 tahun terakhir.

Harapan tersebut terungkap saat JK bertemu dengan Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi dalam acara berbuka puasa bersama dengan DPP Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan DPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dikediaman Wakil Bendahara Umum (Wabendum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar di Jakarta, Senin (21/7/2014) malam.

Turut hadir dalam acara itu Menteri Perindustrian dan Perdagangan Muhammad Lutdi, Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo, Ketua DPP Kadin Suryo Bambang Sulisto, Ketua DPP HIPMI, pengusaha yang juga selaku adik JK, Halim Kalla, pengusaha toserba Abdul Latif dan sejumlah tokoh dan pengurus Kadin dan HIPMI lainnya.

Baca Juga:  Proyek Betonisasi Jalan di Labusel Dimulai

Dalam kesempatan tersebut, JK menuturkan akan merealisasikan program pembangunan pembangkit listrik nasional dengan daya 10 ribu Megawatt dalam periode 3 tahun.

Pembangkit tersebut tersebar di sejumlah daerah, terutama yang mengalami krisis pasokan daya listrik. Langkah strategis tersebut menyahuti kebutuhan listrik nasional yang terus meningkat tiap tahunnya, seiring pertumbuhan permintaan dari masyarakat dan kalangan industri.

“Dalam perbincangan, Pak JK sempat menyinggung tentang program pembangunan pembangkit listrik 10 ribu megawatt dalam 3 tahun yang sebelumnya belum sempat terealisasi dengan maksimal saat menjabat Wapres mendampingi Pak SBY dulu,” sebut Erry.

Menanggapi rencana itu, Erry mengatakan, program pembangunan pembangkit listrik tersebut menjadi harapan baru bagi daerah yang kini mengalami krisis listrik, seperti di Sumut. Namun JK tidak merinci, apakah program itu merupakan bagian dari upaya dalam memaksimalkan sumber daya energi nasional yang dicanangkan dalam kabinet Jokowi-JK nantinya.

Baca Juga:  Wagubsu Tinjau Lokasi Kebakaran Pasar Nauli Sibolga

“Pak JK tidak merinci secara detil. Beliau hanya menyatakan program itu sempat digagas, namun belum sempat terealisasi secara maksimal,” terang Erry.

Dalam kesempatan yang sama, JK juga menegaskan, pertarungan Pilpres telah selesai. Dengan begitu, kebersamaan harus dijalin kembali demi kejayaan NKRI di masa mendatang.

“Pak JK mengajak seluruh rakyat Indonesia saling dukung demi terlaksananya pembangunan yang merata di seluruh daerah,” ujar Erry.

Erry juga mengatakan, dalam kesempatan buka puasa tersebut, JK mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sumut yang telah menyukseskan pelaksanaan Pilpres dan menjaga keamanan pasca penjoblosan dan penghitungan suara di Sumut, kepada baik yang mendukung pasangan nomor urut 2 Jokowi-JK maupun pendukung pasangan Prabowo-Hatta.

Baca Juga:  Tengku Erry Persilahkan PKS dan Hanura Ajukan Wakil Gubernur Sumut

“Usai Pilpres, tugas berat sudah menanti. Pak JK menyatakan, Indonesia harus bangkit dari ketertinggalan, setidaknya mengejar dari sejumlah negara ASEAN yang lebih dahulu maju,” ucap Erry. [abu riyadh| khi]

Terkait


Berita Terbaru