Home / NEWS / Pemerintah Tak Tegas Soal Gaza, Menteri Muslim Inggris Mundur

Pemerintah Tak Tegas Soal Gaza, Menteri Muslim Inggris Mundur


INGGRIS | Kebijakan Pemerintahan Inggris yang tak bisa dipertahankan secara moral tentang Gaza, seorang menteri Inggris yang merupakan Muslim pertama yang duduk di kabinet membuat keputusan mengejutkan.

Sayeeda Warsi, Menteri di Kantor Kementerian Luar Negeri mengundurkan diri pada Selasa (5/8/2014). Keputusan diambil karena perbedaan pandangan mengenai kebijakan soal Gaza.

Keputusan itu menambah tekanan baru atas Perdana Menteri David Cameron mengambil sikap lebih tegas terhadap Israel atas tindakannya di Gaza. Demikian dikutip dari republikaonline hari ini.

Diketahui, Pemerintah David Cameron dan koalisinya telah menghadapi kecaman dalam beberapa hari belakangan, yang dipimpin oleh oposisi utama Partai Buruh, karena tidak mengeluarkan pernyataan cukup keras atas konfilk yang telah membunuh 1.867 warga Palestina dan 67 orang di pihak Israel.

Baca Juga:  Hina Kapolri, Pecatan Polisi Ini Diciduk dari Rumahnya

“Pendekatan kita… di Gaza secara moral tak dapat dipertahankan, bukan kepentingan nasional Inggris dan akan mempunyai dampak merusak yang berjangka panjang atas reputasi kita secara internasional dan domestik,” kata Warsi dalam sepucuk surat pengunduran dirinya yang ditulis untuk Cameron.

Orang tua Warsi adalah imigran Pakistan dan ia merupakan seorang pengacara sebelum diangkat menjadi anggota parlemen majelis tinggi pada 2007.

Dia ditunjuk menjadi anggota kabinet Cameron ketika pemerintahan koalisi Cameron berkuasa pada 2010 tetapi tak menduduki posisi di kabinet penuh, lingkar dalam yang kuat dari menteri-menteri pemerintah, pada 2012. [ray|rol]

Terkait


Berita Terbaru