Home / COMMUNITY / PRSU Kembali Digelar

PRSU Kembali Digelar


MEDAN. Pekan Raya Sumatera Utara kembali digelar. Ajang ajang promosi kabupaten/kota Sumatera Utara ini setiap tahun ini berlangsung selama satu bulan penuh, mulai 20 Maret hingga 20 April 2015 mendatang.

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi MSi hadir untuk membuka PRSU ke 44 di Tapian Daya, Jl Gatot Subroto Medan, Jumat (20/3/2015) malam.

Pelaksanaan PRSU ini sekaligus merupakan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT Sumut ke 67 tahun yang akan berlangsung pada 15 April 2015 mendatang.

Hadir dalam acara tersebut anggota Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (FKPD) Sumut diantaranya Dan Lantamal I Belawan Laksmana Pertama TNI Prambudi, perwakilan Pengadilan Tinggi dan Kejaksaan Tinggi Sumut dan sejumlah anggota DPRD Sumut.

Turut hadir sejumlah Bupati dan Walikota diantaranya Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Bachrum Harahap, Bupati Padang Lawas (Palas) Ali Sutan Harahap, Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Syahrul Pasaribu, Bupati Samosir Mangindar Simbolon, Bupati Batu Bara OK Arya, Binjai HM Idaham.

Hadir juga Walikota Padang Sidempuan Andar Amin Haharap, Walikota Gunung Sitoli Martinus Lase, Wakil Bupati Deliserdang, Dairi, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Tapanuli Selatan dan Wakil Bupati Pakpak Bharat.

Baca Juga:  Wagubsu Terganggu dengan Stigma Sumut Ladang Korupsi

Dalam kesempatan itu, Erry mengimbau seluruh Kabupaten/Kota memanfaatkan kegiatan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke 44 menjadi ajang promosi efektif berbagai potensi di daerah masing-masing.

“Jadi, sangat tepat jika tema PRSU ke 44 tahun ini “Sumatera Utara Bangkit”. Tema ini membangkitkan tekad, semangat, kekuatan dan pemikiran untuk mewujudkan kemajuan seluruh Kabupaten/Kota di Sumut,” ujar Erry.

Sumatera Utara Bangkit, sebut Erry, memiliki makna sangat luas yakni Sumut memiliki daya saing, maju dan siap menyongsong era sejahtera. Selain itu, Sumatera Utara Bangkit merupakan sebuah komitmen Sumut untuk menjadi provinsi terbaik di Indonesia, termasuk semangat untuk unggul dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan diberlakukan pada Desember 2015 mendatang.

“Kita bangga, dalam kegiatan PRSU kali ini turut dimeriahkan peserta dari luar Sumut, termasuk rombongan yang tergabung dalam Kadin Penang, Malaysia. Semoga PRSU menjadi perekat kebersamaan antarnegara serumpun,” sebut Erry.

Baca Juga:  Wagub Sidak Harga Sembako di Pasar Impres Kotapinang

Kehadiran sejumlah stand dari negara tetangga juga diharapkan mampu mendongkrak hubungan kerjasama ekonomi, perdagangan, seni, budaya dan pariwisata.

“Kerjasama yang baik dan saling dukung, salah satu strategi cerdas dalam menyiasati era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Era itu harus memberikan manfaat positif bagi semua negara yang terlibat,” harap Erry.

Khusus bagi Kabupaten/Kota, Erry menekankan 4 hal utama akan manfaat pelaksanaan PRSU ke 44 yakni sebagai media promosi, edukasi, rekreasi dan sebagai ajang menggali potensi ekonomi masing-masing daerah.

“Manfaat utama PRSU adalah sebagai ajang promosi. Tiap Kabupaten/Kota harus dapat memanfaatkan kegiatan ini menjadi sarana promosi potensi yang ada di daerah masing-masing,” ucap Erry.

PRSU juga menjadi ajang edukasi kepada masyarakat akan pentingnya melestarikan ragam khazanah seni, budaya dan adat istiadat yang dimiliki Sumut.

“Tentu tiap daeah biasanya akan menampilkan kebudayaan lokal dan adat istiadat daerah masing-masing kepada pengunjung. Ini salah satu bentuk upaya pelestarian agar generasi muda mengenal berbagai budaya dan adat istiadat di Sumut,” papar Erry.

Selain itu, PRSU juga menjadi tempat rekreasi berkala yang dapat dinikmati masyarakat pengunjung, tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Cukup datang dan nikmati berbagai suguhan yang ditampilkan paviliun tiap masing-masing daerah.

Baca Juga:  Alfamidi Cabang Medan Salurkan Paket Sembako Ke FJM

“PRSU berlangsung satu bulan penuh. Masyarakat dapat menikmati hiburan yang murah. Jadi, PRSU adalah sarana rekreasi bagi masyarakat,” jelas Erry.

Manfaat lain adalah PRSU merupakan sarana menggali keunggulan tiap daerah yang berpotensi mendapat pengembangan. Tidak tertutup kemungkinan, sejumlah investor akan melirik potensi Kabupaten/Kota yang kemudian menjadi awal dalam menjalin kerjasama.

“PRSU membuka kesempatan kepada Kabupaten/Kota untuk menjalin kerjasama dengan investor, baik dalam maupun luar negeri. Maka manfaatkan moment ini sebaik mungkin. Pergerakan kegiatan ekonomi masing-masing daerah akan memberikan kontribusi dalam memperkuat ekomoni nasional,” ujar Erry opitimis.

Usai membuka PRSU, Erry didampingi FKPD, bupati serta walikota meninjau paviliun Kabupaten Sergai, Batubara kemudian sejumlah paviliun kabupaten lainnya.

Pada pagelaran PRSU ke 44 kali ini, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) didaulat sebagai tuan rumah dalam malam pembukaan. [ded]

Terkait


Berita Terbaru