Home / COMMUNITY / Konsulat AS Promosikan Smart Cities di Sumatera

Konsulat AS Promosikan Smart Cities di Sumatera


JAKARTA | Konsulat AS di Medan bersama dengan PricewaterhouseCoopers (PwC) Indonesia, bagian dari jaringan global firma penyedia layanan jasa profesional PwC, beserta pimpinan daerah inovatif dari Sumatera, Senin (30/3/2015) berkumpul dalam acara Seminar Implementasi Solusi Smart City.

Kegiatan ini diadakan di PwC Learning Center di Mega Kuningan, Jakarta dan dihadiri Wakil Duta Besar AS Kristen Bauer, Konsul AS untuk Sumatra Y. Robert Ewing, Direktur Departemen Perdagangan AS di Jakarta Rosemary Gallant, Penasehat bagian Sektor Publik dan Smart Cities, PwC Indonesia Malcolm Foo dan beberapa kepala daerah terkemuka di Sumatera.

Smart Cities adalah sebuah teori kunci termukhtahir dalam ilmu tata kota yang mendorong pemakaian teknologi untuk meningkatkan kinerja pemerintah dan kesejahteraan masyarakat serta pada saat yang bersamaan juga mengurangi pengeluaran.

Baca Juga:  Dua Kandidat Ketua Asosiasi GM Hotel DPD IHGMA Sumut Miliki Kemampuan Perhotelan Mumpuni

Smart Cities meningkatkan inovasi, menghasilkan teknologi, mendorong partisipasi masyarakat dan investasi dalam infrastruktur perkotaan yang memperkaya standar hidup, menyediakan iklim yang positif dalam investasi bisnis, meningkatkan pengelolaan sumber daya serta transparansi dan akuntabilitas pemerintah.

Pada sesi seminar inovatif, PwC dan peserta mengevaluasi solusi, tantangan dan faktor kunci untuk meningkatkan Smart Cities, dan mendiskusikan visi dari tiap pimpinan daerah dan prioritas di daerah mereka masing-masing, termasuk langkah-langkah kebijakan yang perlu dipertimbangkan saat mereka kembali ke daerah asalnya.

Program berlanjut dengan pertemuan makan siang yang diselenggarakan oleh Duta Besar AS Robert Blake dimana para Gubernur dan Walikota bertemu dengan para pengusaha Amerika yang menawarkan teknologi, produk serta jasa konsultasi Smart City.

Baca Juga:  Sekolah Pangeran Antasari dan STIE A&BI Buka Puasa Bersama Anak Yatim

Perusahaan AS merupakan yang terbaik di dunia dalam bidang solusi Smart City, bekerjasama dengan pemerintah di seluruh dunia untuk mengimplementasikan perubahan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup penduduk perkotaan.

Salah satu firma telah membuat aplikasi (apps) Smart City untuk membantu pengaturan pengambilan sampah di sebuah kota di Indonesia, sementara firma lainnya telah menciptakan piranti lunak untuk pusat pemantau dalam mengawasi pemberian pelayanan di perkotaan serta dalam menanggapi krisis.

“Inovasi Smart Cities menyediakan teknologi baru yang memungkinkan bagi kita untuk menemukan solusi yang efektif dalam mengatasi  berbagai tantangan seperti lalu lintas, perubahan iklim, tata kelola sampah, dan keterbatasan akses ke internet. Perubahan ini akan menghasilkan lapangan pekerjaan dengan tingkat upah  yang lebih tinggi serta kemampuan untuk mengambil keuntungan dari pasar global,” pungkas Duta Besar AS Robert Blake. [khi]

Terkait


Berita Terbaru