Home / COMMUNITY / Wagub Sambut Baik Rencana Seminar Budaya Melayu

Wagub Sambut Baik Rencana Seminar Budaya Melayu


MEDAN| Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, menyambut baik rencana Ikatan Mahasiswa Melayu Indonesia (IMAMI) Sumut yang akan menggelar Seminar Budaya Melayu. Kegiatan tersebut dinilai efektif dalam upaya pelestarian budaya suku bangsa.

Hal itu dikemukakan Tengku Erry Nuradi saat menerima kunjungan silaturahmi IMAMI Sumut di rumah dinasnya, Jl Teuku Daud Medan, Rabu (8/4/2015).

Hadir dalam silaturahmi itu Pembina IMAMI Sumut Syafrizal, Ketua IMAMI Sumut Bob Friandy dan sekretaris Jasmin Assayuti.

Erry menyebutkan, Melayu tidak lagi sekadar suku, tetapi telah menjadi resam hasil perbauran banyak suku, terutama masyarakat Muslim. Mereka tidak hanya mendiami pesisir pantai timur Sumatera, namun telah menyebar keseluruh pelosok negeri bahkan lintas negara.

Baca Juga:  Konser Shela on 7 Di Medan Sukses Hipnotis Penonton

“Pada perkembangannya, Melayu tidak lagi suku yang melekat pada satu komunitas masyarakat saja. Kini resam Melayu telah berakar hingga keseluruh lapisan masyarakat,” ujar Erry.

Pemekaran Melayu menjadi resam terlah terjadi jauh hari, sejak Bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia. Demikian juga dengan budaya Melayu yang terus berkembang seiring dengan pergantian era.

“Bahasa Melayu menjadi media pemersatu bangsa, dari Sabang hingga Merauke. Semua lebur dalam satu kesatuan NKRI,” papar Erry.

Seminar Budaya Melayu yang akan digelar nantinya, secara tidak langsung akan mengulas budaya nasional. “Penguatan Melayu harus mendukung eksistensi bangsa sebagai Negara yang kaya akan adat istiadat dan budaya. Tak Melayu hilang di bumi,” sebut Erry.

Baca Juga:  Fokus Kembangkan Islamic Ecosystem: Pembayaran Zakat Perusahaan BSI Mencapai Lebih dari Rp122,5 Miliar, Terbesar Dalam Sejarah

Erry juga menyarankan, seminar nantinya tidak hanya mengulas Budaya Melayu semata, tetapi juga peran resam Melayu sebagai salah satu pondasi sosial kemasyarakat.

Sementara Pembina IMAMI Sumut Syafrizal mengatakan, Seminar Budaya Melayu akan berlangsung pada April di Medan. “Penyelenggaraka akan mengadirkan sejumlah tokoh Melayu dan pakar budaya. Seminar dimaksudkan untuk mengenalkan adat istiada Melayu bagi generasi muda penerus bangsa,” jelas Syafrizal. [ded]

Terkait


Berita Terbaru