Home / NEWS / Alhamdulillah, Ongkos Haji 2015 Turun Rp 6 Juta Lebih

Alhamdulillah, Ongkos Haji 2015 Turun Rp 6 Juta Lebih


JAKARTA| Kabar gembira bagi calon jemaah haji Indonesia. Komisi VIII DPR RI bersama dengan Kementerian Agama RI telah menyepakati penurunan besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2015 sebesar Rp 6 juta lebih.

Menurut Ketua Komisi VIII DPR RI Saleh Partaonan Daulay, turunnya BPIH 2015 tersebut setelah pihaknya dan Kementerian Agama menyepakati penurunan besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2015. Nilai penurunan mencapai USD 502 per jemaah dibandingkan tahun sebelumnya.

“Penurunan ongkos haji sekitar Rp 6.275.000 (dengan kurs saat ini), sangat membantu calon jemaah haji Indonesia dalam melunasi kekurangan setoran BPIH. BPIH tahun lalu ditetapkan sebesar USD 3.219. Sekarang dicapai kesepakatan bahwa BPIH tahun ini menjadi USD 2.717, berarti ada penurunan sebesar USD 502,” ujar ,” ujar Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Baca Juga:  Pungli Dana BOS, Kadisdik Langkat dan Tiga Kepsek Diadili

Dikatakannya, penurunan biaya sebagai bukti keseriusan Komisi VIII dalam mengawal komitmen untuk menurunkan BPIH sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan jemaah haji.

“Kami di Komisi VIII juga ingin membuktikan bahwa jika dilakukan secara sungguh-sungguh, BPIH Indonesia bisa diturunkan secara signifikan,” tutur Saleh.

Dengan begitu, menurut Saleh, para calon jemaah haji Indonesia juga merasakan keadilan sesungguhnya karena BPIH yang terjangkau meskipun harga-harga komoditas lain meningkat seiring kenaikan harga bahan bakar minyak dan tingginya kurs dollar terhadap rupiah.  “Bayangkan, implikasinya sangat besar dengan penurunan sebesar USD 502,” ucapnya.

Saleh mengkalkulasi, kalau jumlah jemaah haji reguler Indonesia sebanyak 155.200, lalu dikali 502 dan dikali 12.500 (asumsi kurs dollar dalam APBNP), maka nilai efisiensi yang didapat adalah Rp 973,88 miliar.  “Hampir Rp 1 triliun nilai efisiensinya yang berhasil kita dapat,” jelasnya.

Baca Juga:  Raider 100/PS Namu Ukur Amankan 1 Kg Sabu

Anggota DPR RI dari Dapil SUmut II ini mengharapkan dengan turunnya BPIH maka calon jemaah haji dapat segera melunasi tahun ini sehingga tidak dipaksa untuk menunggu tahun depan. [ded]

Terkait


Berita Terbaru