Home / NEWS / Inilah Foto Suasana Saat Lion Air Terbakar di Kualanamu

Inilah Foto Suasana Saat Lion Air Terbakar di Kualanamu


Ratusan penumpang terlihat panik dan berada di pintu gate delapan ruang tunggu terminal keberangkatan bandara Kualanamu, Deliserdang Sumatera Utara. Akibat peristiwa ini dua penumpang dilarikan ke rumah sakit akibat patah tulang karena terjatuh dan luka ringan.

MEDAN| Ratusan penumpang pesawat Lion Air, Jumat (24/4/2015) siang histeris. Mereka berhamburan mencoba keluar dari pesawat saat mendengar suara ledakan sebanyak dua kali di bagian ekor pesawat sesaat akan take off di Bandara Kualanamu Deliserdang, Sumatera Utara.

Penumpang panik karena mencium aroma kabel yang terbakar. Mereka berdesakan menyelamatkan diri dan memaksa keluar dari pintu darurat. Bahkan seorang diantaranya nekat melompat dari pesawat tanpa melalui slide. Beberapa lainnya cidera dan ada pula yang jatuh pingsan.

sejumlah penumpang dievakuasi keluar dari badan pesawat

 

Beruntung insiden tersebut tidak sampai memakan korban jiwa. Namun 13 dari 207 penumpang pesawat yang dijadwalkan terbang pukul 11.40 WIB itu mengalami cidera. Korban pingsan dan yang patah kakinya langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Baca Juga:  JR Saragih Ajak Kader Demokrat Solid Dukung Hulman Sitorus-Hefriansyah

Head Of Corporate Secretary Lion Group, Capt Dwiyanto Ambarhidayat menjelaskan. Dalam keterangannya, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT303 dengan rute penerbangan Kualanamu-Jakarta mengalami insiden pada pukul 13.00 WIB  di Bandar Udara Kualanamu, Medan.

Saat itu pesawat Boeing 737-900ER dengan registrasi PK-LFT sedang parkir di Bandar Udara Kualanamu, Medan. Saat pesawat tersebut start engine dan stand by untuk pushback, tiba-tiba terdengar suara ledakan dari bagian belakang pesawat.

Mendengar suara tersebut para penumpang di dalam pesawat menjadi panik sehingga mereka membuka semua pintu emergency di pesawat dan keluar dengan sliding slide. Sejauh ini, beberapa penumpang mengalami luka ringan dan sudah mendapatkan perawatan.

Baca Juga:  Terungkap dalam Musrenbang 2018, Ini Tugas Berat untuk Gubsu Mendatang
Petugas bandara melakukan strelisasi areal pesawat yang terbakar
Petugas bandara melakukan sterilisasi areal pesawat yang terbakar

Total seluruh penumpang di dalam pesawat tersebut adalah 214 orang yang terdiri dari 201 orang penumpang dewasa, 3 orang anak, 3 bayi dan 7 orang crew.

“Saat ini sumber ledakan masih di investigasi, dan prioritas kami saat ini adalah memastikan keselamatan para penumpang,” ujarnya.

Setelah sempat terlantar empat jam, para penumpang kemudian diberangkatkan dengan dua penerbangan diantaranya penerbangan Lion Air JT 201 dan maskapai lain pada pukul 13.11 WIB dan 16.30 WIB, demikian dijelaskan Airport Duty Manager Bandara Kualanamu, Mardiono. [ded|bah]

Terkait


Berita Terbaru