Home / SUMUT / Wagubsu Minta Siswa dan Sekolah Jujur dalam UN SMP

Wagubsu Minta Siswa dan Sekolah Jujur dalam UN SMP


MEDAN| Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi meminta siswa SMP dan pihak sekolah untuk jujur dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Sumut. Harapan itu disampaikan Tengku Erry Nuradi usai meninjau pelaksanaan UN SMP di tuga sekolah swasta di Medan, Senin (4/5/2015).

Rombongan Tengku Erry pertama kali meninjau Perguruan Eria di Jalan Sisingamangaraja Medan, SMP Harapan di Jalan Imam Bonjol dan SMP Prime One School di Jalan Tritura Medan.

Dari hasil tinjauan ke sejumlah SMP, pelaksanaan UN berlangsung lancar. Para siswa terlihat nyaman dan tidak tertekan dalam mengerjakan soal.

Kendati demikian, Erry mengingatkan kepada pihak sekolah dan guru pengawas untuk berlaku jujur dengan tidak melakukan praktik tidak terpuji, baik memberitahu kunci jawaban maupun melaporkan hasil UN yang tidak sesuai dengan hasil sebenarnya.

Baca Juga:  Panwas Paluta Limpahkan 7 Berkas Politik Uang ke Polres Tapsel

“UN kali ini lebih mengedepankan kejujuran, baik peserta UN maupun pihak sekolah. Meski UN kali ini bukan faktor utama kelulusan, tetapi siswa dan pihak sekolah dituntut untuk jujur,” sebut. Erry.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sumut, jumlah peserta UN SMP dan sederajatnya di Sumut tercatat 272.198 orang yang tersebar dari 3296 sekolah. Dari seluruh sekolah, tidak satu SMP di Sumut yang telah melakukan UN sistem Computer Based Test (CBT).

“Kita berharap, UN SMP tahun mendatang, sudah ada sekolah setingkat SMP yang telah melakukan UN sistem CBT. Pemerintah Provinsi dan Diknas Sumut akan mendorong SMP yang mampu untuk melaksanakan UN CBT tahun depan,” harap Erry.

Baca Juga:  Ini 40 Nama Perusahaan Di Sumut Yang Tidak Bayar Denda

UN secara nasional berlangsung 4 hari. Tiap hari masing-masing 1 mata pelajaran dimulai pukul 07.30 WIB hingga 09.30 WIB dengan waktu menjawab soal masing-masing 2 jam.

UN hari pertama menyajikan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kemudian Selasa (5/5/2015) akan menyajikan mata pelajaran Matematika, Rabu (6/5/2015) mata pelajaran Bahasa Inggris dan pada hari terakhir Kamis (7/5/2015) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. [ded]

Terkait


Berita Terbaru