Home / SUMUT / Bangun 103 Unit Rumah Pengungsi Sinabung Habiskan Anggaran Rp 16,3 M

Bangun 103 Unit Rumah Pengungsi Sinabung Habiskan Anggaran Rp 16,3 M


Penyerahan kunci kepada warga Bekerah di Siosar untuk relokasi Sinabung.

KARO | Sebanyak 103 rumah dibangun tim gabungan TNI AD, masyarakat pengungsi dan masyarakat umum di kawasan hutan produksi di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Pembangunan rumah tersebut diperuntukkan bagi warga Desa Bekerah dan merupakan tahap awal dari pembangunan site plan relokasi yang direncanakan sebanyak 267 rumah.

Rumah bagi Pengungsi Sinabung di kawasan hutan produksi Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Sejak akhir Oktober, tim telah dan sedang mengerjakan pembangunan jalan sepanjang 9,2 km, pembersihan lahan serta pembangunan rumah 103 unit rumah yang telah menghabiskan anggaran Rp 16.332.800.000.

Penyelesaian pembangunan 103 unit rumah ini ditandai penyerahkan kunci secara simbolis dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada Pemerintah Kabupaten Karo yang diterima Plt Bupatati Karo Terkelin Brahmana di lokasi perumahan Desa Siosar Kecamatan Merek Kabupaten Karo, Selasa (5/5/2015).

Baca Juga:  Sensus  Mandiri Di SP2020 Akan Ada 21 Pertanyaan
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan DR Ir Siti Nurbaya menyerahkan secara simbolis 103 unit rumah bagi para pengungsi erupsi gunung SInabug kepada Pemerintah Kabupaten Karo yang diterima Plt Bupatati Karo Terkelin Brahmana di lokasi perumahan Desa Siosar Kecamatan Merek Kabupaten Karo, Selasa (5/5/2015).
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan DR Ir Siti Nurbaya menyerahkan secara simbolis 103 unit rumah bagi para pengungsi erupsi gunung Sinabug kepada Pemerintah Kabupaten Karo yang diterima Plt Bupatati Karo Terkelin Brahmana di lokasi perumahan Desa Siosar Kecamatan Merek Kabupaten Karo, Selasa (5/5/2015).

Disaksikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif dan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan warga pengungsi.

Menurut Siti Nurbaya, pasca pembangunan rumah bagi pengungsi Sinabung selesai, pemerintah juga akan menyediaan prasarana dan fasilitas umum diantaranya jalan lingkungan, fasilitas kesehatan, pendidikan, lahan pertanian  dan usaha peternakan.

Siti Nurbaya bilang, sejauh ini pembangunannya memang belum sempurna karena jalan lingkungan belum siap sempurna. Izinnya sudah lama dan akan disesuaikan secara kelembagaan.  “Harus ada multiplier efek setelah ini pindah. Sarana-sarana yang lain seperti kehidupan bertani, peternakan, sekolah, puskesmas harus sudah terbangun. Maka kementerian lain juga terlibat semua, pendidikan, kesehatan,” katanya.

Baca Juga:  Sinabung Awas, Warga Tujuh Desa Dievakuasi

Dia mengatakan semua itu harus menjadi langkah kita bersama, karena tidak mungkin pemerintah bekerja sendiri. “Dan tidak mungkin kami biarkan masyarakat sendiri,” ujar Siti NUrbaya. Kemudian dia berpesan agar warga masyarakat yang akan menghuni lokasi baru tersebut dapat hidup harmonis dan tidak mengganggu kawasan hutan.

Menanggapi usulan kelengkapan Fasilitas Umum relokasi pengungsi, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Samsul Maarif meminta kepada Bupati agar menginventarisir apa saja kekurangan.

Meskipun bantuan ini dari pemerintah pusat, katanya, tetap Gubernur dan Bupati yang memegang kendali dan kebutuhan tetap dipenuhi pusat. “Jadi biarpun statusnya tidak bencana nasional, tetap saja kebutuhannya kita penuhi,” ujarnya.

Baca Juga:  Kapolres Hadiri Peresmian Rumah Restorative Justice Kejari Binjai

Bahas Status Bencana
Sebelumnya digelar Rapat Pembahasan Dampak Erupsi Sinabung antara Pemprovsu, Pemkab Karo dan Wakil Ketua DPR RI di Kantor Gubsu, Senin (4/5/2015). Dari rapat tersebut disepakati untuk mengusulkan bencana erupsi Sinabung menjadi bencana nasional atau membentuk badan rekonstruksi dan rehabilitasi.

Menanggapi hal itu, Samsul Maarif mengatakan pihaknya akan melihat dulu efektifitas dari usulan tersebut. “Saya belum tau, kita lihat dulu efektifitasnya. Apabila lebih baik maka kita lakukan, kalau tidak ya tidak usah,” ujar Syamsul. [ded]

TEKS FOTO: Penyerahan kunci kepada warga Bekerah di Siosar untuk relokasi Sinabung.

Terkait


Berita Terbaru