Home / COMMUNITY / Inalum Latih 15 Perajin Songket Batubara

Inalum Latih 15 Perajin Songket Batubara


PT Inalum bekerjasama dengan PT PNM (Persero) dan Diskoperindag & UKM Batubara, mengadakan pelatihan pengembangan Tenun Khas Batubara. Foto: Istimewa]

BATUBARA| PT Inalum (Persero) bekerjasama dengan PT PNM (Persero) dan Diskoperindag & UKM Batubara, mengadakan pelatihan pengembangan tenun khas Batubara yang diikuti 3 (tiga) kelompok atau 15 perajin yang berasal dari Desa Kampung Lalang (Tanjung Tiram), Desa Benteng (Talawi) dan Desa Padang Genting (Talawi) hingga 5 Juni 2015 di MPH– Tanjunggading.

Pelatihan ini dibuka Sekretaris Diskoperindag & UKM Batubara, Mustafal Akhyar. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi kepada PT Inalum yang telah peduli dan mendukung pelestarian dan pengembangan kerajinan kain tenun khas Batubara melalui pelatihan dan bantuan 15 unit alat tenun tradisional dan berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya baik melalui usaha pemasaran yang menarik dan inovatif.

Baca Juga:  Inalum Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang Aceh Tenggara

“Pelatihan yang antara lain meliputi manajemen usaha, pembukuan, pemasaran, packaging serta bantuan 15 unit alat tenun tradisional adalah salah satu program pemberdayaan masyarakat PT Inalum di bidang ekonomi serta pelestarian budaya, seni dan sejarah di Kabupaten Batubara agar dapat terus dipelihara, berkembang dan lebih dikenal. Apalagi songket Batubara adalah salah satu ciri khas dan kebanggaan Kabupaten Batubara,” demikian disampaikan Deputy General Manager Umum & CSR PT Inalum W Djoko Laksono, dalam sambutannya yang dibacakan Manager Pemberdayaan Masyarakat  Arfan Iqbal Hrp didampingi CSR Officer, Thaofan.

Kelompok pengrajin dan 15 peralatan tenun tradisional direkomendasikan serta dipersiapkan Diskoperindag Batubara dengan memanfaat pengusaha lokal. Pelatihan ini nantinya akan diakhiri dengan studi banding dan pembinaan untuk beberapa waktu ke depan.

Baca Juga:  Dirut PT Inalum Menjawab Tuduhan Menunggak Pajak ke Pemprovsu

Sementara itu, Kamisyah salah seorang pengrajin kain tenun khas Batubara dari desa Padang Genting Kecamatan Talawi, mengaku senang dengan program tersebut. “Saya terbantu sekali dengan adanya pelatihan dan bantuan alat tenun ini untuk kemandirian dan produktivitas usaha saya, oleh karena itu saya ucapkan terimakasih pada PT Inalum,” pungkasnya. [ded]

Terkait


Berita Terbaru