Home / POLITIK / KPU Belum Terima Dokumen Dukungan Calon Nonpartai

KPU Belum Terima Dokumen Dukungan Calon Nonpartai


Pilkada Serentak di Sumut

RANTAUPRAPAT | Hari pertama pembukaan penerimaan berkas/dokumen dukungan calon perseorangan, KPU Kabupaten Labuhanbatu belum menerima seorangpun. Divisi Tekhnis Penyelenggara, Ghazali Harahap mengatakan, penerimaan berkas untuk jalur tersebut dimulai sejak 11-15 Juni mendatang.

Saat menyerahkan dokumen dukungan tambahnya, pihaknya membatasi maksimal 20 orang jumlah penghubung dan peserta yang boleh memasuki ruangan. “Waktu penerimaan berkas dimulai pukul 08.00-16.00 WIB di kantor KPU Jalan WR Supratman nomor 52 Rantauprapat. Kalau hari ini belum ada yang menyerahkan,” ujarnya Kamis (11/6/2015).

Verifikasi
Sementara itu, seluruh pendukung calon perseorangan yang akan mengikuti Pilkada 9 Desember mendatang, akan diverifikasi baik administrasi maupun vaktual atau tinjau langsung ke lapangan. Penelitian administrasi dan faktual di tingkat desa/kelurahan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) sejak 23 Juni-6 Juli mendatang, tidak membedakan jenis identitas pendukung yang meliputi KTP jenis SIAK, e-KTP, KK maupun pasport.

Baca Juga:  KPU Siantar Batalkan Paslon Survenov-Parlindungan Ikut Pilkada 2015

Ketua KPU Kabupaten Labuhanbatu Ira Wirtati, menyebutkan seluruh identitas dukungan harus masih berlaku.  “Ketentuan itu tertuang di ayat 4 pasal 14 Peraturan KPU nomor 9 tahun 2015. Kita tidak membedakan apakah KTP SIAK atau e-KTP, semua berlaku sepanjang masih aktif dan data pendukung maupun data pemilih yang kita pakai berdasarkan Administrasi Kependudukan (Adminduk) dari Kemendagri,” terang Ira yang didampingi Divisi Tekhnis Penyelenggara Ghazali Harahap.

Ditambahkan Ghazali, seluruh nama yang tercantum sebagai pendukung calon perseorangan tidak akan dilewatkan seorangpun tahapan verifikasi administrasi maupun faktualnya. Sebab ujarnya, di dalam Adminduk diyakini mereka telah termasuk identitas jenis KTP SIAK maupun e-KTP.  [jar]

Terkait


Berita Terbaru