Home / MEDAN TODAY / Mardiaz Kusin Dinilai Tepat Jadi Kapolresta Medan

Mardiaz Kusin Dinilai Tepat Jadi Kapolresta Medan


Mardiaz Kusin

MEDAN| Ketua Pemuda Mitra Kamtibmas Sumut, Rajamin Sirait SE menilai pengangkatan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Mardiaz Kusin Dwihananto SiK MHum menjadi Kepala Polisi Resor Kota (Kapolresta) Medan sudah tepat.

Mardiaz yang pernah mengikuti Kursus Jabatan Kepala Kepolisian Resor (Susjab Kapolres) 2010 lalu, dan pendidikan kejuruan FBI Academy Quantico Virgina USA diangkat menjadi Kapolresta Medan menggantikan Kombes Pol Nico Afinta yang dimutasi ke Lemdikpol sebagai Kabag Bindik Sespimma Sespim Polri.

“Saya menilai pengangkatan AKBP Mardiaz menjadi Kapolresta Medan telah sesuai dengan ketentuan dan berdasarkan track record yang dimilikinya,” kata Rajamin Sirait yang juga Plt Ketua Harian DPD I Partai Golkar ini.

Baca Juga:  Pemko Medan Siapkan Anggaran 1T Untuk Pembenahan Infrastruktur

AKBP Mardiaz Kusin Dwihananto SiK MHum hingga kini masih menjabat sebagai Wakil Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Wadirreskrimsus) Polda Sumut.

Secara resmi, Mardiaz yang juga pernah menjabat Kapolres Nias, dan Kapolres Mandailing Natal (Madina) dijadwalkan dilantik Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Eko Hadi Sutedjo SH MSi menjadi Kapolresta Medan pada, Selasa 16 Juni 2015 mendatang.

Menurut Rajamin, AKBP Mardiaz diangkat sebagai Kapolresta Medan sebab dinilai profesional dan tidak akan diragukan lagi mengenai kinerja dan tanggung jawabnya. Selain itu, Mardiaz bukan sebagai orang yang baru di Sumut.

Sebelum menjabat Kapolres Nias, dan Kapolres Madina Polda Sumut, Pamen Polri jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1993 ini juga pernah menjabat Kasat 4/Kam Dit Intelkam, Kasat 1 Idik Dit Narkoba, Kasat 1 Pidum Ditreskrim, dan Kasubdit 1/Kamneg Ditreskrimum Polda Sumut.

Baca Juga:  Wali Kota Medan Beri Penghargaan Kepada Atlet dan Pelatih Yang Berprestasi Pada PON XX 2021

“Jadi saya kira hal yang wajar dan tepat kalau AKBP Mardiaz dipercaya menjabat sebagai Kapolresta Medan, dan pengangkatan ini menurut saya berdasarkan kinerjanya, serta sesuai dengan riwayat hidup baik pendidikan di Polri, maupun pendidikan kejuruan, serta riwayat jabatan,” ujar Rajamin Sirait.

Lebih lanjut Rajamin Sirait mengatakan, jika dilihat track record yang dimiliki AKBP Mardiaz, maka tidak perlu diragukan buat menduduki jabatan sebagai Kapolresta Medan.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf melalui Kasubbid Penmas, AKBP MP Nainggolan menuturkan, pengangkatan AKBP Mardiaz sebagai Kapolresta Medan berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1242/VI/2015, tanggal 5 Juni 2015.

Baca Juga:  Pjs Wali Kota Bersepeda Dengan Jajaran Dinas PU Kota Medan

Dalam surat telegram tersebut, jabatan Wadirreskrimsus yang bakal ditinggalkan AKBP Mardiaz dipercayakan kepada Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Jawa Timur, AKBP Maruli Siahaan SH MH.

Nama Maruli Siahaan ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Sumut, Medan khususnya. Pasalnya, Pamen Polri yang akrab disapa ‘Dansui’ ini pernah menduduki jabatan stategis di Poltabes MS (Polresta Medan) seperti, Kapolsek Medan Kota, Kapolsek Medan Baru, Kanit VC, dan Kasatreskrim Polresta Medan. [ded]

Terkait


Berita Terbaru