Home / MEDAN TODAY / Daftar Harga Kebutuhan Pokok yang Dijual di Pasar Murah Pemko Medan

Daftar Harga Kebutuhan Pokok yang Dijual di Pasar Murah Pemko Medan


Pembukaan Pasar Murah oleh Walikota Medan Dzulmi Eldin di Kecamatan Medan Amplas. Pasar murah digelar di 151 titik yang tersebar di 21 Kecamatan ntuk menyambut bulan Suci Ramadhan. [Foto: Istimewa]

MEDAN| Menyambut datangnya blan suci Ramadan, pemerintah Kota Medan membuka pasar murah di 151 titik yang tersebar di 21 kecamatan. Pelaksanaan pasar murah berlangsung sebulan penuh yang dimulai 15 Juni sampai 14 Juli mendatang.

Walikota Medan Dzulmi Eldin saat membuka pasar murah di Lapangan Bola Kaki Asrama Widuri Jalan Bajak II, Kelurahan Harjosari I, Kecamatan Medan Amplas, Senin (15/6/2015) mengatakan, pasar murah dilakukan guna meringankan beban masyarakat khususnya warga kurang mampu guna memenuhi kebutuhan bahan pokok yang berkualitas dengan harga terjangkau, khususnya dalam rangka menghadapi bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1436.

Baca Juga:  Inggris Dorong Investornya Berinvestasi Di Medan

Lokasinya diutamakan di kawasan yang mayoritas penduduknya masyarakat pra sejahtera dan jauh dari pasar tradisional. Sedangkan produk yang dijual ada 8 jenis yaitu beras, gula pasir, tepung terigu, telur, mentega, kacang tanah, minyak goreng serta sirup.

“Selain membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu, kehadiran pasar murah sangat strategis bertujuan untuk mengantisipasi kecendrungan meningkatnya harga kebutuhan pokok, terutama bahan makanan dan pangan menjelang bulan suci Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri,” ujar Dzulmi Eldin.

Menurutnya, tujuan lain dari programkan kegiatan pasar murah ini untuk mengendalikan dampak inflasi yang otomatis menurunkan daya beli masyarakat pasca kenaikan harga BBM.

Baca Juga:  Dinkes-Aspphami Kendalikan Hama Sektor Pariwisata

Untuk itu mantan Sekda Kota Medan ini, mengingatkan para camat dan lurah agar berperan aktif dalam mengawasi serta mensukseskan pelaksanaan pasar murah tersebut. “Karena itu, pelaksanaan pasar murah ini harus tepat sasaran yaitu meringankan beban warga kurang mampu,” pesan Eldin mengingatkan.

Berdasarkan data yang diterima, berikut harga bahan kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah di 151 titik di Kota Medan.

1. Beras IR-64 dijual Rp 8.200/kg. (harga pasar Rp.9.500/kg
2. Gula pasir, harga jual Rp 11.700/kg (harga pasar Rp.13.000)
3. Tepung terigu Rp 6.700/kg (pasar Rp8.000)
4. Telur dijual Rp 950/butir (pasaran Rp1.200)
5. Blue band 200 gram dijual Rp 5.000/sachet (pasaran Rp 6.000/sachet)
6. Minyak goreng Sania 1 liter dijual Rp 11.250 (harga pasaran (Rp 13.500)
7. Minyak goreng fortune 1 liter dijual Rp 9.250 (harga pasaran Rp 12.600)

Terkait


Berita Terbaru