Home / MEDAN TODAY / Pelindo I Siap Layani Lonjakan Penumpang dan Barang

Pelindo I Siap Layani Lonjakan Penumpang dan Barang


Naik turun penumpang di Pelabuhan Belawan. [Foto: Internet]

MEDAN| PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I, menyatakan kesiapannya dalam mengantisipasi lonjakan arus barang dan penumpang pada musim mudik tahun ini.

“Bulan Puasa dan menjelang perayaan Lebaran biasanya tingkat konsumsi masyarakat meningkat, sehingga akan banyak barang masuk. Mendekati Lebaran arus penumpang juga meningkat. Sehingga kami melakukan persiapan baik fasilitas, peralatan, sistem maupun operasional,” kata Humas Pelindo I, kata M Eriansyah dalam keterangan pers yang diterima¬†edisimedan.com.

Eriansyah menjelaskan, bahwa pihaknya telah mempersiapkan fasilitas yang mencakup fasilitas Embarkasi dan Debarkasi serta fasilitas Bongkar Muat; operasional serta keamanan dengan tim monitoring bersama pihak terkait.

“Fasilitas Embarkasi dan Debarkasi yang kami siapkan meliputi dermaga khusus untuk kapal penumpang, gedung terminal penumpang dan ruang pengantar penjemput maupun ruang informasi, lapangan parkir kendaraan pengantar dan penjemput, serta rambu-rambu arah embarkasi/debarkasi penumpang,” jelas Eriansyah.

Baca Juga:  KPPU Sosialisasikan Undang-undang Kemitraan Ke Pelaku Usaha Perkebunan Sawit

Selain itu, juga akan disiapkan fasilitas umum tambahan seperti tenda dan toilet serta media informasi kepada penumpang dan pengantar/penjemput, antara lain: sound system, spanduk, banner, dan leaflet informasi.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus barang, Eriansyah menyatakan kesiapan dermaga, sispro (Sistem dan Prosedur) pelayanan kapal sembako, gudang, lapangan penumpukan, peralatan bongkar muat , tenaga operasional di lapangan dan kesiapan informasi dan teknologi (IT).

Untuk monitoring Angkutan Lebaran 1436 H/2015 dimulai pada 01 Juli sd. 31 Juli 2015. Untuk wilayah kerja Pelindo I ada titik berat di 9 (Sembilan) Cabang Pelabuhan di Lingkungan Pelindo I yaitu Pelabuhan Belawan, Dumai, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Tembilahan, Tanjung Balai Asahan, Sibolga, Gunung Sitoli dan Perwakilan/Kawasan Bengkalis.

Baca Juga:  RS Adam Malik Gelar Syukuran Penggunaan Masjid Nurul Iman yang Baru

Menindaklanjuti hal tersebut, Eriansyah memastikan bahwa pelabuhan-pelabuhan tersebut telah menyiapkan fasilitas dermaga, kapal pandu dan kapal tunda, dan terminal penumpang untuk mendukung kelancaran arus penumpang dan arus barang.

“Kami optimis, seluruh dermaga siap melayani kapal, seluruh gudang mampu menampung sejumlah muatan pada momentum Puasa dan Lebaran, terminal penumpang juga siap, sehingga lonjakan arus barang dan penumpang selama Bulan Puasa dan jelang Lebaran akan berjalan lancar,” ungkap Eriansyah optimis.

Dalam pelaksanaan operasional, Pelindo I akan tergabung dengan tim dibawah koordinasi Otoritas Pelabuhan (OP) dalam Tim pemantau kesiapan Angkutan Lebaran dan membentuk Posko pelayanan, yang terdiri dari Polri, TNI AL, Custom, Karantina, Imigrasi, dan Kesehatan Pelabuhan, yang bertugas untuk memantau kegiatan embarkasi dan debarkasi, pemantauan bongkar muat barang, koordinasi dengan pihak – pihak terkait, kegiatan pusat pengendalian trafik, dan pusat informasi dan pelaporan.

Baca Juga:  Cak Tengok, Apa yang Salah di Baliho Marhaban Ya Ramadan Ini?

Untuk pusat informasi dan pelaporan, Pelindo I akan menyediakan media pelaporan melalui portal korporat: angkutan-lebaran@inaport1.co.id dan video conference yang ditempatkan di Kantor Kesyahbandaran guna monitoring langsung dengan Pusat Pengendalian Angkutan Lebaran Departemen Perhubungan Jakarta.

“Kami tidak hanya memastikan kesiapan seluruh fasilitas untuk kelancaran arus barang, tapi kami juga memastikan keamanan dan keselamatan penumpang selama Ramadhan ini hingga jelang Lebaran, dengan koordinasi bersama pihak terkait,” tegas Eriansyah. [khi]

Terkait


Berita Terbaru