Home / SUMUT / Warga Taput Dambakan Bandara Silangit Berstandar Internasional

Warga Taput Dambakan Bandara Silangit Berstandar Internasional


Bandara Silangit Tapanuli Utara. [Foto: Fernando Hutasoit]

TAPUT| Masyarakat Tapanuli Utara khususnya yang berada di kawasan Danau Toba mengharapkan keseriusan pemerintah pusat dan pihak angkasa Pura II untuk mengembangkan Bandara Silangit agar menjadi bandara Internasional.

“Kalau Bandara Silangit ini menjadi bandara Internasional, ini merupakan salah satu kebanggaan daerah Tapanuli Utara di mata daerah lain. Harapan kami kepada Pemerintah Tapanuli Utara agar melakukan lobby kepada pemerintah pusat agar secepatnya bandara bertaraf internasional segera terealisasi,” ujar tokoh masyarakat Siborongborong, ST K Silaban.

Menurut dia, apabila bandara ini berjalan dengan baik dan bahkan disinggahi pesawat berbadan besar Boing 737, sudah pasti perantau dari Sibolga, Siantar, Balige, Samosir dan Humbahas yang akan pulang kampung, akan menggunakan Bandara Silangit.

Baca Juga:  Rumah Roni Sianturi Digerebek, Dua Pemakai Sabu Ditangkap

“Setelah itu perekonomian masyarakat sudah pasti akan berkembang. Itulah harapan kami masyarakat daerah kawasan Danau Toba agar Angkasa Pura II dan pemerintah dapat secepatnya memikirkan pembangunan bandara ini,” harapnya.

Sementara belum lama ini, Direktur Utama PT AP II Tri S Sunoko mengatakan, pihaknya masih berkutat dengan pembebasan lahan di bandara yang berdekatan dengan lokasi wisata Danau Toba tersebut.

Menurutnya pembebasan lahan dilakukan serba hati-hati karena lokasi berada di tanah rakyat. “Kalau sudah pembebasan, kita siap tender dan melakukan pembangunan,” katanya.

Menurutnya pembangunan bandara Silangit ditargetkan sudah bisa memulai pada 2015 ini setelah urusan pembebasan lahan tuntas. AP II mengaku akan leluasa membangun jika tanah yang dibebaskan sudah resmi menjadi kewenangan pihaknya. “Di sana ada tanah kehutanan juga, ini harus selesai administrasinya,” katanya.

Baca Juga:  Sejumlah Warga Bilah Hulu Terserang Demam Berdarah

Pembangunan bandara ini sudah masuk rencana AP II mengembangkan sejumlah bandara lain, diantaranya Bandara Sultan Thaha Jambi, Bandara Haji Raja Fisabililliah Tanjung Pinang, Bandara Dipati Amir Pangkal Pinang, Bandara Supadio Pontianak, Bandara Kualanamu, termasuk Husein Sastranegara. “Kurang lebih 9 Bandara akan dikembangkan lagi,” pungkasnya. [Fernando Hutasoit]

Terkait


Berita Terbaru