Home / SUMUT / BBKSDA Sumut Buru Buaya Sepanjang 2 Meter di Sungai Batang Pane

BBKSDA Sumut Buru Buaya Sepanjang 2 Meter di Sungai Batang Pane


MEDAN| Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut, masih belum menemukan seekor buaya yang membuat warga di aliran Sungai Batang Pane, Kabupaten Paluta ketakutan. Beberapa warga melihat langsung buaya berjemur di tepian sungai.

Menurut warga, buaya sepanjang 2 meter tersebut tiba-tiba saja muncul di aliran Sungai Batang Pane. Dan kemunculan buaya itu sudah diketahui warga sejak pekan lalu. “Sampai hari ini kita memang belum melihat langsung buaya itu, namun kita yakin memang ada berdasarkan laporan warga,” kata Kepala Balai Besar KSDA Sumut, John Kenedie kepada wartawan di Medan, Selasa (23/6/2015).

Baca Juga:  Pemko Binjai Lambat Blender Pejabat Eselon II

Disebutkan John, keberadaan buaya itu dilaporkan ke KSDA pada Kamis pekan lalu. Seterusnya tim Bidang KSDA Wilayah II Padangsidimpuan, yang dipimpin Kepala Bidang, Subhan, datang ke lokasi pada Sabtu. Namun hingga hari ini tim belum berhasil melihat langsung reptil itu.

“Berdasarkan laporan, panjangnya sekitar dua meter. Tapi sejauh ini tidak ada laporan konflik dengan manusia,” kata John Kenedie didampingi staf Subbag Data, Evlap dan Humas, Evansus Renandi Manalu.

Kendati demikian, warga diimbau untuk berhati-hati jika beraktivitas di sekitar lokasi munculnya buaya itu. Saat bersamaan, tim BBKSDA tengah merencanakan langkah evakuasi buaya itu dari sungai. Seterusnya, jika buaya berhasil ditangkap, akan dikirim ke penangkaran maupun tempat lainnya.

Baca Juga:  Bocah di Paluta Ini Dicabuli Tetangganya Saat Main Masak-Masakan

Kemunculan buaya secara tiba-tiba juga terjadi di Kali Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Sejumlah buaya muara mendadak muncul dan terlihat berjemur di tepian kali. Keberadaan buaya-buaya itu menjadi tontotan warga. [khi]

Terkait


Berita Terbaru