Home / SUMUT / Inkopad Salurkan 8 Ribu Ton Gula Pasir di Sumut

Inkopad Salurkan 8 Ribu Ton Gula Pasir di Sumut


Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi dan Ketua Inkopad Brigjen TNI Felix Hutabarat melepas truk pengangkut gula pasir dari Lapangan Benteng Medan dalam Program Operasi Pasar Gula Pasir wilayah Sumut, Selasa (23/6/2015).

 

MEDAN| Induk Koperasi Angkatan Darat  (Inkopad) menyalurkan 8 ribu ton gula pasir untuk wilayah Sumut, dari 100 ribu ton yang digelontorkan Kementerian Perdagangan (Kemendag) secara nasional. Dalam Operasi Pasar, gula pasir dijual seharga Rp10.500 – Rp10.700 perkilogramnya. Jajaran Pangdam I/BB akan melakukan pengawasan ketat agar tidak ada penyelewengan.

“Saya berharap agar Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi mengawasi penyaluran ini agar tepat sasaran dan aman sampai tujuan. Saya juga berharap Pak Wagubsu menginstruksikan jajarannya untuk melakukan operasi pasar dengan jujur,” ujar Ketua Inkopad, Brigjen TNI Felix Hutabarat dalam acara pelepasan armada truk pengangkut gula pasir dalam program Operasi Pasar Gula Pasir dari Lapangan Benteng, Jl Pengadilan Medan, Selasa (23/6/2015).

Baca Juga:  Lembaga Keuangan Jangan langsung Main Lelang Terhadap Kredit Macet

Turut hadir dalam pelepasan tersebut Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi  dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi mengaku akan melakukan pengawasan ketat untuk menyalurkan gula pasir di Sumut dalam program Operasi Pasar Gula Pasir.

“Kepada para Dandim, saya perintahkan turun tangan langsung melihat dan mengawasi mendistribusikannya kepada masyarakat. Salurkan kepada masyarakat secara wajar untuk kebutuhan sehari-hari, bukan untuk bisnis. Jika ada penyelewengan, Dandim kena sanksi,” tegas Edy.

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi berharap Operasi Pasar Gula Pasir dapat menstabilkan harga sekaligus mengantisipasi kelangkaan gula pasir pada bulan Ramadan dan jelan Idul Fitri 1436 H.

Baca Juga:  Walikota Turut Hadiri Buka Puasa HIPMI Medan

Menurut Erry, kebutuhan gula pasir mengalami peningkatan pada bulan Ramadhan dan menjelang lebaran hingga mengakibatkan kenaikan harga dipasaran.

Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut, harga gula pasir saat ini berfluktuasi antara Rp12.500 hingga Rp13.500 tiap kilogramnya.

“Gula pasir termasuk bahan kebutuhan pokok. Apapalagi saat bulan Ramadan. Biasaya permintaan meningkat, sementara suplai terbatas. Akibatnya akan mempengaruhi harga di pasaran. Dengan adanya operasi pasar, tentu stabilitas harga dapat ditekan,” ujar Erry.

Tidak lupa Erry menyatakan apresiasi kepada Inkopad selaku Induk Koperasi Kartika yang berperan dalam Operasi Pasar Gula Pasir dengan menggandeng distributor.

Baca Juga:  TPL Gelar Buka Bersama dan Santuni Anak Yatim

Harga gula pasir sebelum Ramadan mengalami kenaikan kenaikan harga mencapai 12 persen. Dengan adanya Operasi Pasar Gula Pasir, tentu dapat meringankan beban masyarakat, terutama masyarakat kurang mampu. “Saya berharap, tiap Kabupaten/Kota di Sumut, juga melakukan Operasi Pasar sembako dengan harga terjangkau masyarakat,” harap Erry. [ded]

Terkait


Berita Terbaru