Home / SUMUT / Polisi Pungli di Jalinsum Tebingtinggi “Kado” HUT Bhayangkara ke-69

Polisi Pungli di Jalinsum Tebingtinggi “Kado” HUT Bhayangkara ke-69


oknum polisi berseragam melakukan pungli di Jalinsum Tebingtinggi terekam video [Foto: Istimewa]

MEDAN| HUT Bhayangkara ke-69 diwarnai dengan beredarnya video pungutan liar (pungli) yang dilakukan oknum polisi. Kasus pungli itu berhasil terekam video dan beberapa hari ini menghiasi jagad sosial media. Kasus ini terjadi di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), persisnya di wilayah hukum Tebingtinggi.

Salahsatu video berdurasi satu menit berjudul “Pungli berseragam polisi di Tebingtinggi Sumatera Utara” dan Pungli berseragam polisi di Tebingtinggi 2″.

Dalam video ini memperlihatkan aksi dua oknum polisi berseraham melakukan pungutan liar pada supir truk yang melintas di jalan lintas Sumatera. Dalam video tersebut terlihat satu diantara dua oknum tersebut menggunakan seragam polisi lengkap, sementara rekannya yang lain menggunakan kaus coklat.

Video yang diunggah oleh nama akun youtube “kamera kecil” ini, memperlihatkan aksi dua oknum berseragam polisi yang berdiri di tengah jalan dengan membawa senter. Terlihat pula supir truk yang melintas mengeluarkan tangannya dan memberikan sejumlah uang pada oknum berseragam polisi tersebut.

Baca Juga:  Meresahkan, 'Polisi Cepek' di Jalinsum Kena Ciduk

Selain itu ada pula sejumlah supir truk yang melemparkan uangnya ke jalan dan kemudian dipungut oleh oknum tersebut.

Dalam video tersebut, pemilik akun menjelaskan, aksi pungli yang dilakukan oknum berseragam polisi ini terjadi di jalan lintas sumatera tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta Tebingtinggi.

Selain akun di youtube, video serupa juga beredar di jejaring sosial facebook. Video yang diunggah akun bernama Catur Hariono ini, persis serupa dengan salah satu video yang ada di youtube.  Lihat video polisi punglinya di sini.

Dalam akun facebooknya pemilik akun Catur Hariono Juga menjelaskan tentang oknum berseragam polisi tengah melakukan pungli. “Lagi, oknum berpakaiaian polisi tertangkap kamera sedang punglin di jalinsum Tebingtinggi,” komentar Catur dalam di akun Facebooknya.

Baca Juga:  Selama UNBK 2017, Ombudsman Tidak Temukan Kecurangan di Sumut

Sementara itu juga terlihat berbagai komentar yang menyesalkan kejadian itu terlebih ini adalah bulan ramadan yang dipercaya sebagai bulan baik bagi umat muslim.

Video pungli ini mengingatkan pada video yang juga memperlihatkan aksi pungli yang dilakukan oknum berseragam polisi di Simpang Beo Tebingtinggi, yang jaraknya tak jauh dari Jalan Soekarno-Hatta Tebingtinggi.

Video tersebut diunggah oleh akun youtube dengan nama Catoer1976, dengan judul Polisi Pungli. Dalam video yang direkap pada siang hari ini, sangat jelas memperlihatkan oknum berseragam polisi lalulintas sedang menerima uang dari sopir truk, dan terlihat juga seorang oknum berseragam petugas Satlantas memungut uang yang berada di jalan.

Baca Juga:  Selama Masa Operasi, Posko Kesehatan Pertamina di Tigaras Layani 636 orang

Hingga saat ini tidak ada yang tahu apakah oknum yang terlihat di video tersebut adalah memang anggota polisi atau tidak. Jika Oknum yang melakukan hal pungli di Jalisum tersebut adalah benar seorang anggota polisi, hal ini tentu saja mempermalukan institusi Polri.

Begitu juga jika memang oknum ini bukan polisi, seharusnya polisi dapat segera menangkap oknum tersebut, selain meresahkan pengguna jalan prilaku oknum ini juga mempermalukan citra kepolisian. [khi]

Terkait


Berita Terbaru