Home / MEDAN TODAY / Dekan FH USU: Farid Wajdi Pantas Menjadi Anggota KY

Dekan FH USU: Farid Wajdi Pantas Menjadi Anggota KY


MEDAN| Panitia seleksi (pansel) calon anggota Komisi Yudisial diminta berhati-hati dalam melakukan penjaringan akhir para calon anggota komisioner KY jilid tiga yang dilaksanakan pekan depan. Punya integritas, pintar dan jujur harus jadi acuan pansel dalam memilih calon komisioner KY.

“Saat ini yang kita butuhkan adalah anggota KY yang tidak hanya orang pintar tapi harus jujur,” tegas Prof Runtung mengingatkan.

Disamping itu kata dia, sebagai anggota komisi yang bertugas mengawasi perilaku para hakim, calon anggota KY mendatang juga harus orang yang benar-benar paham dan punya pengalaman tentang proses di pengadilan dan hukum acara di peradilan. Sehingga kata dia, saat anggota komisioner tersebut melakukan tugas-tugas investigasi terkait adanya penyimpangan prilaku hakim, akan nyambung dengan apa yang jadi tugasnya.

Baca Juga:  Pemko Medan Gelar Aksi Pariwisata Rapid Test Swab Antigen

“Karena kalau tidak praktisi hukum atau calon yang menjadi praktisi di pengadilan dipastikan akan sulit menjalankan tugas itu,” bebernya.

Dijelaskannya tantangan menjadi anggota KY mendatang akan semakin berat, karena sampai saat ini hakim dalam hal ini Makkamah Agung (MA) masih memandang sebelah mata dari pada yang dikerjakan oleh anggota KY.

Namun begitu kata dia, disamping jujur dan pintar mendatang KY membutuhkan sosok komisioner yang bisa bekerjasama sama dengan aparat penegak hukum lainnya, dengan menghilangkan arogansi kelembagaan.

“Saling hormat-menghormati antar lembaga itu sangat perlu agar terjadi sinergi yang kuat,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Prof Runtung juga mengapresiasi lolosnya Dr Farid Wajdi SH Mhum di 18 besar seleksi calon anggota KY. Dia sangat berharap Farid bisa lolos pada tahap berikutnya.

Baca Juga:  5 Kabupaten/Kota di Sumut Masuk PPKM Level 3

“Sebagai teman saya sangat kenal beliau, kemampuan dan jaringannya sudah tak diragukan lagi saya anggap beliu kompeten dan mumpuni sesuai kreteria yang kita sebutkan diatas,” bebernya. [ded]

 

Terkait


Berita Terbaru