Home / POLITIK / Pilkada Medan|Mendagri Tantang Randiman untuk Netral

Pilkada Medan|Mendagri Tantang Randiman untuk Netral


Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi melantik Pj Walikota Medan yang baru, Randiman Tarigan dalam acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Pj Walikota Medan di Aula Martabe, kantor Gubernur Sumut, Jl. Diponegoro Medan, Senin (5/10/2015).

MEDAN| Randiman Tarigan akhirnya ditunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Pramono sebagai Penjabat (Pj) Walikota Medan. Masa jabatan ini akan diemban paling lama satu tahun, atau sampai Kota Medan memilih walikota dalam Pilkada 9 Desember dan dilantik Mendagri.

Menurut Plt Gubernur Sumatera Utara saat pelantikan, Senin (5/10/2015), tugas Randiman Tarigan sebagai Pj Walikota Medan bukan hal yang gampang. Apalagi dia juga merangkap sebagai Sekwan DPRD Sumut. Sebab itu, Mendagri menantang agar Randiman dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Pj Walikota.

Apalagi sesuai dengan SK Mendagri, Pj Walikota Medan memiliki tiga tugas pokok yaitu menjalankan pemerintahan di Kota Medan, mamasilitasi Pemilihan Kepala Daerah serentak pada 9 Desember 2015 mendatang dan wajib menjaga netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta bersikap adil terhadap kedua pasangan calon Walikota Medan.

Baca Juga:  PILKADA MEDAN| Camat Medan Baru Dituding Berpihak ke Eldin

“Saya berharap, Penjabat Walikota Medan yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik. Selain itu, Penjabat bersangkutan juga diharapkan mampu merangkul semua pihak, baik eksekuif, legislatif dan yudikatif serta seluruh elemen masyarakat agar roda pemerintahan berjalan sebagaimana mestinya,” harap Erry.

Plt Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi mengakui, lamanya penetapan Pj Walikota Medan ini sempat menimbulkan berbagai persepsi negatif. Apalagi penetapannya lebih lama dibanding 5 Pj Bupati dan 1 Pj Walikota yang telah dilantik sebelumnya. [Baca Juga: Ini Alasan Mendagri Pilih Randiman Tarigan]

“Kemendagri membutuhkan waktu relatif lebih panjang untuk menetapkan Penjabat Walikota Medan dibandingkan dengan Pj Bupati dan Walikota lainnya. Pertimbangannya karena Kota Medan merupakan ibukota Provinsi,” jelas Erry.

Baca Juga:  Polemik Dukungan Tengku Erry, Golkar Sumut Tagih Komitmen Airlangga

Karena itu, Erry berpesan kepada Pj Walikota Medan yang baru dilantik untuk menyukseskan agenda nasional yakni Pilkada serentak yang akan berlangsung pada 9 Desember 2015 mendatang. “Mari kita suskeskan Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Sumut harus menjadi contoh minim sengketa. Ini target kita bersama,” pesan Erry.

Dalam kesempatan tersebut, Erry juga menilai Randiman merupakan sosok yang tepat menduduki jabatan Pj Walikota Medan, baik dilihat dari jejak karir, kepangkatan dan pengalaman. Randiman pernah berkarir di Pemerintah Kota Medan maupun di Pemprov Sumut. “Saya minta agar kepercayaan dan amanah ini dilaksanakan dengan tanggungjawab sepenuhnya,” pungkas Erry. [ded]

Terkait


Berita Terbaru