Home / NEWS / #Republika Keren, Salut!

#Republika Keren, Salut!


MEDAN| Kebijakan redaksi koran Republika yang menampilkan halaman depannya dipenuhi ‘asap’, mendapat simpati para netizen. Bahkan halaman ‘Berasap’ Republika itu, menjadi trending topic dunia maya.

Ya, ilustrasi kabut asap di halaman depan koran Republika edisi hari ini, Kamis 8 Oktober, menutupi sajian berita utama mereka, sehingga sangat sulit untuk terbaca.  Sekalipun demikian, sejumlah netizen memberikan respon positif atas kebijakan redaksi Republika tersebut.

Iman D Nugroho misalnya. Di laman facebook pegiat pers, Aliansi Jurnalis Independen tersebut, mengaku salut atas kebijakan redaksi menurunkan ilustrasi bencana kabut asap tersebut.  “Salut untuk keberanian Republika. Tim desain grafisnya layak menjadi pemenang nih. Pemerintah, jangan patah semangat untuk menuntaskan persoalan asap!

Baca Juga:  Asap Kian Pekat dan Berbahaya, Pemko Medan Liburkan Sekolah

Komentar senada juga disampaikan Nirwansyah Putra. “Kita simpan file gambar cover depan media Republika ini sebagai salah satu titik sejarah di Indonesia. Dia tidak hanya bercerita soal asap, keberpihakan terhadap derita rakyat, tapi juga soal media. Seperti apa kita sebenarnya? Seperti apa wajah kita. Bukan sekedar Desainer (yang sungguh luar biasa), tapi juga argumentasi di balik itu semua.”

“Republika keren, salut,” kata Eko Agustyo Fitri Brahamati di laman facebooknya.

Wakil Pemimpin Redaksi Republika, Irfan Junaidi mengakui, tampilan Republika hari ini sebagai bentuk simpati untuk para korban asap. “Kita ingin tunjukan sikap kita yang sangat kuat mendorong persoalan asap agar ditangani lebih serius,” tegas Irfan Junaidi di laman ROL, Kamis (8/10/2015)

Baca Juga:  Polres Dharmasraya Hangus Terbakar, Dua Orang Tewas

Sebagaimana diketahui, kabut asap yang menyelimuti sejumlah wilayah di Tanah Air sudah sangat membahayakan dan mengganggu aktivitas dan kesehatan masyarakat dalam tiga bulan terakhir. [ded]

Terkait


Berita Terbaru