Home / COMMUNITY / Inalum Berikan Beasiswa Berbasis Desa

Inalum Berikan Beasiswa Berbasis Desa


BATUBARA| PT Inalum (Persero) kembali menyerahankan Bantuan Beasiswa Berbasis Desa kepada Murid SMA Sederajat di sekitar pabrik peleburan aluminium, Kuala Tanjung, Batubara belum lama ini.

Bantuan ini diserahterimakan secara simbolis oleh Drs Darwis M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan Batubara kepada 70 Murid SMA/Sederajat disaksikan oleh Pemerintah desa dan orang tua dan  wali murid.

Turut hadir dalam acara itu, Manajemen PT Inalum yang diwakili Manager Pemberdayaan Masyarakat Arfan Iqbal Harahap, didampingi Kolonel (Inf) Syamsu Rizal Harahap, Assisten to Director, A Ganda Sukmana, Junior Manager Pemberdayaan Masyarakat, M Iqbal Comdev Officer, dan Fahmi Comdev Operator

W Djoko Laksono dalam sambutannya yang dibacakan Syamsu Rizal mengatakan, bantuan  ini adalah salah satu program pemberdayaan masyarakat PT Inalum di bidang pendidikan bagi masyarakat sekitar yang berbasis desa.

Baca Juga:  Wali Murid JRM Happy Teacher’s Day

“Semoga bantuan ini dapat membantu murid-murid di sekitar operasi pabrik peleburan untuk melanjutkan dan menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA dan Sederajat serta memberikan kontribusi bagi lingkungannya,” katanya.

Djoko menambahkan Program Beasiswa Berbasis Desa ini dibagi menjadi 2 aspek. Yang pertama dari sisi ekonomi dan sosial, dimana penerima beasiswa berasal dari keluarga kurang mampu yang direkomendasikan oleh Pemerintah Desa terkait. Sedangkan dari aspek prestasi, adalah penerima beasiswa yang berasal dari SMA Mitra Inalum – Tanjung Gading.

Bantuan beasiswa yang diberikan adalah bantuan pendidikan sebesar Rp.1.800.000 untuk satu tahun, dalam bentuk tabungan yang bekerjasama dengan Bank BNI Kuala Tanjung. Tujuannya adalah untuk memberikan edukasi tentang pentingnya menabung di usia dini. Sebelumnya juga sudah diberikan pelatihan tentang kewirausahaan dan motivasi serta bantuan perlengkapan sekolah seperti Tas, Kaos Olahraga, Buku, Pulpen, Pensil, dan Kotak Pensil.

Baca Juga:  Dosen dan Pegawai Unpab Kunjungan Muhibah ke Malaysia

“Kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada PT Inalum (Persero) karena tidak henti-hentinya memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar, khususnya dalam peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Batubara yang sama-sama kita cintai. Kami berdoa, semoga PT Inalum (Persero) tetap lancar operasionalnya dan semakin berkembang sehingga mendapatkan keuntungan yang banyak,” kata Darwis.

Kepada siswa, Dinas Pendidikan setempat mengimbau agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga meningkatkan prestasi dan membawa nama baik PT Inalum.

Sebagai informasi, beasiswa berbasis desa adalah salah satu program pemberdayaan masyarakat PT Inalum yang dilaksanakan secara berkesinambungan sejak tahun 2011. Program yang menghormati kearifan lokal ini didasari dengan semangat bersama pemerintah dan masyarakat di desa-desa terdekat dengan operasi pabrik peleburan aluminium untuk merekomendasikan dan menseleksi calon penerima bantuan beasiswa berdasarkan pertimbangan ekonomi, prestasi dan sosial.

Baca Juga:  Womendiri Meresmikan Berdirinya Yayasan Wanita Berdikari Indonesia

Sekaligus berperan serta dalam mengawasi pemanfaatannya. Bantuan beasiswa ini dievaluasi di setiap semester berjalan. Komitmen Inalum untuk memberikan bantuan pendidikan kepada masyarakat di sekitarnya yang sejalan dengan kebijakan pemerintah dan kearifan lokal telah mendapatkan apresiasi dengan peringkat Gold dari Menteri Koordinator pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam ajang Indonesia CSR Awards 2014 di Jakarta. [ded]

Terkait


Berita Terbaru