Home / MEDAN TODAY / Kadispenda Sumut Akui Banyak Dokumen Penting Terbakar

Kadispenda Sumut Akui Banyak Dokumen Penting Terbakar


Petugas Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (DP2K) Kota Medan berhasil memadamkan api setelah mengerahkan 30 armadanya dalam peristiwa kebakaran di kantor Dispenda Sumut, Jalan SM Raja Medan, Sabtu (21/11/2015) malam. [Foto: Kartik Byma]

MEDAN| Kantor Dinas Pendapatan Sumatera Utara terbakar hebat Sabtu (21/11/2015) sore sekitar pukul 18.30 WIB. Api dengan cepat melahap hampir seluruh bagian gedung tiga lantai itu. Meski tidak ada korban jiwa, namun kebakaran itu telah menghanguskan sejumlah file dan berkas penting.

Kepala Dinas Pendapatan (Kadis Penda) Sumut, Rajali S.Sos mengakui sejumlah berkas dan file penting selama ini tersimpan rapi di kantor Dispenda tersebut.

File dan berkas-berkas penting tersebut berada di lantai dua dan tiga gedung yang telah hangus dalam peristiwa kebakaran itu. Namun Rajali tidak merinci lebih jauh berkas apa saja yang terbakar.

“Di lantai dua banyak berkas. Ada berkas tentang kendaraan bermotor dan lainnya,” kata Razali kepada wartawan di lokasi kebakaran, Jalan Sisingamangaraja Medan, Sabtu (21/11/2015) malam.

Baca Juga:  Kantor Dinas Pendapatan Sumut Terbakar, Ini Reaksi KPK

Menurut Rajali, peristiwa kebakaran tersebut terjadi saat kantor sudah tutup. Apalagi pada hari Sabtu, kantor Dispenda tutup lebih awal, pukul 14.00 WIB. Seterusnya, pegawai membuat laporan pendapatan.

BERITA TERKAIT
Kantor Dispenda Sumut Terbakar Disertai Suara Ledakan Keras
Kantor Dispenda Sengaja Dibakar? Sekdaprovsu: “Berpikir Postif Sajalah”

Masjid Muhammadiyah Terhindar dari Musibah Kebakaran

Saat kebakaran terjadi, api menjilati ruangan administrasi berisi puluhan unit komputer. Selain itu, ruangan bendahara gaji Dinas Pendapatan Sumut juga turut terbakar.

Begitu pula ruangan kerja Kepala Dinas Pendapatan Sumut, yang berada di bagian depan kantor tak luput dari kebakaran itu.

Rajali menjelaskan, lantai I gedung yang terbakar itu terdapat kantor tiga instansi. Yakni Dinas Pendapatan Daerah Sumut, Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut, dan PT Jasa Raharja yang tergabung dalam Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

Baca Juga:  Komplek Asrama Haji Rantauprapat Terbakar

Sedangkan di lantai dua ada banyak berkas tentang kendaraan seperti BPKP sebagai bukti hak kepemilikan kendaraan.

Tidak hanya kantor Dispeda yang terbakar. Kantor Samsat Medan Selatan juga ikut dilahap si jago merah karena berada di samping kantor Dinas Pendapatan Sumut. Terdengar suara ledakan berkali-kali dari dalam gedung.

Ratusan personel Brimob Polda Sumut dan Anggota Sabhara Polresta Medan ikut mengamankan arsip dan dokumen penting milik Samsat Medan Selatan.

Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (DP2K) Kota Medan mengerahkan seluruh armadanya untuk memadamkan api. Sebanyak 30 unit mobil pemadam diturunkan.

Selain dari kantor pusat DP2K yang berkantor di Jalan Candi Borobudur, armada mobil pemadam juga dikerahkan dari pos Terminal Amplas, terminal di Belawan, dan terminal Kawasan Industri Medan (KIM). Petugas akhirnya bisa memadamkan api enam jam kemudian atau jelang Minggu dinihari.

Baca Juga:  Pabrik Sabu di Tuntungan Jaringan Narkoba Aceh Tamiang

Kapolda Sumut Irjen Pol Ngadino yang ikut turun ke lokasi kebakaran mengaku, akan menurunkan tim Laboratorium Forensik (Labfor) untuk menyelidiki penyebab pasti kebakaran.

“Kita akan melihat nanti sumbernya, tentunya nanti kita dari penyelidikan, kita libatkan dari Laboratorium Forensik (Labfor) penyebabnya ini apa,” pungkas Ngadino. [ded]

Terkait


Berita Terbaru