Home / NEWS / Waduh! Sembilan Maskapai dari Indonesia Terburuk di Dunia

Waduh! Sembilan Maskapai dari Indonesia Terburuk di Dunia


Lion Air dan Citilink Maskapai Terburuk

JAKARTA, EDISIMEDAN| Sembilan dari 10 maskapai yang berasal dari Indonesia dinilai paling buruk dari sisi pelayanan keamanan. Data ini merupakan hasil survei tahunan yang dilakukan sebuah situs penilaian maskapai AirlineRatings.com.

Rappler Indonesia melansir, penilaian yang diberikan AirlineRatings.com itu berdasarkan audit badan pemerintah, jejak kerusakan pesawat, serta penilaian redaksi AirlineRatings.com dengan merujuk pada sejarah operasional maskapai serta angka kecelakaan.

Dijelaskan pula, situs tersebut menilai 407 maskapai dengan memberikan nilai maksimum hingga tujuh bintang.

Adapun maskapai teraman tahun dinobatkan pada Qantas dari Australia, sedangkan dua puluh besar maskapai teraman antara lain termasuk Emirates, Etihad Airways, Japan Airlines, KLM, dan Lufthansa.

Baca Juga:  Batik Air Alami Turbulensi, Penumpang dan Pramugari Patah Tulang

Berikut 9 maskapai dari Indonesia dengan rating terendah

Batik Air (Indonesia)
Bluewing Airlines (Suriname)
Citilink (Indonesia)
Kal-Star Aviation (Indonesia)
Lion Air (Indonesia)
Sriwijaya Air (Indonesia)
TransNusa (Indonesia)
Trigana Air Service (Indonesia)
Wings Air (Indonesia)
Xpress Air (Indonesia)

Dijelaskan, beberapa maskapai di atas memang sering kali mengalami kendala dalam penerbangan. Bahkan tiga rute penerbangan Lion Air Group yang terdiri dari maskapai Lion Air dan Batik Air, baru saja dicabut Kementerian Perhubungan pada 5 Januari ini.

Selain itu maskapai Trigana Air Service juga sempat mengalami kecelakaan pada Agustus 2015 lalu, saat pesawat dengan rute Jayapura-Oksibil sempat hilang dan kemudian ditemukan hancur setelah menabrak Gunung Tangok di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. [Rappler.com|ded]

Terkait


Berita Terbaru