Home / MEDAN TODAY / Masjid Agung Medan Akan Bangun Menara Setinggi 199 Meter

Masjid Agung Medan Akan Bangun Menara Setinggi 199 Meter


Sisi lain dari desain rencana pembangunan Masjid Agung Medan

MEDAN, EDISIMEDAN| Pembangunan Masjid Agung Medan dimulai Jumat besok, (15/1/2016), dimana Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan  meletakkan batu pertama sekitar pukul 10.00 WIB.

“Insya Allah selama 25 bulan bangunan Masjid Agung Medan dengan ketinggian menara masuk dalam lima besar dunia bisa terwujud,” kata Wakil Ketua Umum Panitia Pembangunan Masjid Agung Medan, Musa Idhishah kepada wartawan, Rabu (13/1/2015).

Pria yang biasa disapa Dodi ini menyebutkan, masjid ini juga nantinya memiliki dua menara, satu diantara menaranya tingginya 199 meter.  “Insya Allah menjadi menara tertinggi di Asia dan nomor tiga di dunia,” tambahnya.

BACA JUGA

Masjid Agung Medan Akan Miliki Menara Tertinggi di Asia

Ini Dia Foto Megahnya Desain Pembangunan Masjid Agung Medan

 

Baca Juga:  Pengerjaan Proyek Air Limbah di Medan Sarat Masalah

Adapun bangunan masjid dengan menara tinggi, pertama itu Mohammadia Mega Mosque di Kota Aljazair dengan tinggi menara setinggi 270 meter yang masih dalam pembangunan, selanjutnya Menara Masjid Hasan II di Casablanca, Maroko, tercatat sebagai dengan ketinggian mencapai 210 meter, kemudian akan diisi nama Masjid Agung Medan dengan tinggi 199 meter.

Kemudian menara Masjid Nabawi setinggi 105 meter dan Masjid Islam Asmaul Husna di pondok pesantren LDII “Wali Barokah” Kediri-Jawa Timur dengan menara setinggi 99 meter dengan kubah berlapis emas seberat 60 kg.

Acara peletakan batu pertama ini juga akan dihadiri oleh seorang syeh dari Afrika Barat Ahmed Tijani Bin Omar yang direncanakan akan membuka urutan acara dengan membaca Ayat Suci Alquran.

Baca Juga:  Jelang Pemilu 2024, Bobby Nasution Minta Kepling Jaga Kekondusifan dan Agen Penyejuk Medan 

“Kami mengharap khalayak ramai berkenan hadir dan memberikan doa restu pembangunan masjid agung kebanggaan sumatera utara ini,” kata Abdul Hakim Siagian, Sekretaris Panitia Pembangunan Masjid Medan.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Medan, Iwan Zulhami, mengatakan, pembangunan Masjid Agung Medan ini merupakan bentuk dari niat yang besar dari umat Islam di Kota Medan dan Sumut.

“Pembangunan ini meningkatkan syiar dan semakin memakmurkan Masjid Agung. Secara keumatan, Masjid Agung ini akan menjadi salah satu pusat peradaban umat Islam di Sumut,” pungkasnya. [ded]

Terkait


Berita Terbaru