Home / SUMUT / Pendiri UISU, Kampus Tertua di Sumut Wafat Jelang Hardiknas

Pendiri UISU, Kampus Tertua di Sumut Wafat Jelang Hardiknas


Tokoh pendidikan Sumut yang juga pendiri Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Almarhum Hj Sariani Amiraden Siregar tutup usia 90 tahun. Almarhumah dimakamkan di areal pekuburan Mejid Raya Al-Mahsun, Jl Sisingamangaraja Medan, Minggu (1/5/2016) sore sekitar pukul 15.00 WIB.

UISU kemudian mendapatkan pengesahan dari Mendikbud RI No. 0677/U/1977 pada 31 Desember 1977. Dalam perkembangannya, UISI kini memiliki 9 Fakultas, 26 Program Studi S-1, 3 Program Studi S-2 dan 1 Program Studi S-3 Ilmu Ekonomi dan Kebijakan dengan bekerjasama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta.

Fakultas Sastra dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) didirikan tahun 1957. Tiga tahun kemudian, berdiri Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Dakwah, kemdian disusul Fakultas Agama berubah nama menjadi Fakultas Syariah. Sedangkan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Pertanian berdiri pada tahun 1964. Kemuduian Fakultas Kedokteran pada 1965.

Baca Juga:  Kampus UISU Gelar Sholat Gerhana

UISU membuka Program Pascasarjana Magister Manajemen pada tahun 1993. Kemudian Fakultas Syariah digabungkan dengan Fakultas Tarbiyah menjadi Fakultas Agama Islam (FAI) pada tahun 1997. Sedangkan Fakultas Dakwah berdiri sendiri sebagai Sekolah Tinggi di bawah Yayasan UISU yang sekarang berkampus di Pematang Siantar.

Sebelum meninggal dunia, Almarhum Hj Sariani menduduki jabatan strategis diantaranya sebagai Ketua Umum Yayasan UISU dan sempat menjabat Ketua Pembina Yayasan UISU.

Jenazah Almarhim Hj Sariani dimakamkan di areal pekuburan Mejid Raya Al-Mahsun, Jl Sisingamangaraja Medan, Minggu sore sekitar pukul 15.00 WIB. Jenazah almarhum diturunkan ke liang lahat disaksikan ratusan civitas akademika UISU dan masyarakat. [ded]

Terkait


Berita Terbaru