Home / MEDAN TODAY / Peringati Hardiknas, Walikota Medan dan Jajaran Kenakan Pakaian Daerah

Peringati Hardiknas, Walikota Medan dan Jajaran Kenakan Pakaian Daerah


Walikota Medan Dzulmi Eldin dan Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution mengenakan pakaian adat Melayu bersama seluruh pimpinan SKPD. Sementara Dinas Pendidikan Kota Medan bersama kepala sekolah mengenakan pakaian adat yang mewakili seluruh etnis di ibukota Provinsi Sumatera Utara, termasuk sebagian siswa yang menjadi peserta upacara.

EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Walikota dan Wakil Walikota Medan punya cara berbeda dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang puncaknya digelar di Lapangan Merdeka Medan, Senin (2/5/2016).  Walikota Medan, Dzulmi Eldin dan Wakilnya Akhyar Nasution mengenakan pakaian adat Melayu bersama seluruh pimpinan SKPD.

Sementara Dinas Pendidikan Kota Medan bersama kepala sekolah, mengenakan pakaian adat yang mewakili seluruh etnis di ibukota Provinsi Sumatera Utara, termasuk sebagian siswa yang menjadi peserta upacara.

Tak pelak peringatan Hardiknas yang berlangsung dengan penuh khidmat ini sangat kental dengan nuansa etnisnya.

Kapoldasu, Irjen Pol Drs Raden Budi  Winarso bertindak sebagai inspektur upacara. Orang nomor satu di Mapoldasu itu membacakan pidato tertulis Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia.

BACA JUGA

Pendiri UISU, Kampus Tertua di Sumut Wafat Jelang Hardiknas

Diharapkan Hardiknas tahun ini menjadi momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme pada seluruh insan pendidikan.

Baca Juga:  Mendibud: Kalau Buku Kurikulum 2013 Dijual, Jangan Dibeli!

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut dengan menetapkan pelaksanaan upacara bendera dalam rangka memperingati Hardiknas. Hal ini dilakukan agar semua insane pendidikan mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam menegakkan pondasi pendidikan di Indonesia.

Peringatan Hardiknas ini turut dihadiri sejumlah perwira tinggi di Mapoldasu, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Sumut, Ketua TP PKK Kota Medan,  Hj Rita Maharani, Kapolresta Medan, Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Sekda Kota Medan, Syaiful Bahri serta seluruh pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan.

Di sela-sela upacara, Kapoldasu bersama Walikota menyerahkan piagam penghargaan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kepada 6 sekolah berintegritas di Kota Medan.

Baca Juga:  Kepala LLDikti : UNPRI Berhasil Lakukan Transformasi Pendidikan

Adapun keenam sekolah itu, masing-masing SMA negeri 1 Medan, SMA Swasta Syafiyatul Amaliyah, SMK Negri 9 Medan, SMK Swasta Tritech Informatika, SMP Negeri 1 Medan dan SMP Swasta Djuwita.

Usai  upacara, Kapoldasu ketika ditemui wartawan mengatakan, melalui peringatan Hardiknas ini  para insan pendidikan diharapkan lebih meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Apalagi Indonesia saat ini tengah bersaing dengan dunia luar, terutama pada saat era global yang kini tengah berjalan.

“Agar kita dapat bersaing dengan negara-negara lain, tentunya mutu dan kualitas pendidikan harus terus ditingkatkanlagi. Di samping itu kita mengajak seluruh siswa untuk menjauhi narkoba!” kata Kapoldasu.

Baca Juga:  6 Hal Ini Diusulkan Masuk Dalam Ranperda Pendidikan Sumut

Sementara itu Walikota berharap, seluruh insan pendidikan dapat menjiwai apa yang telah dilakukan Ki Hajar Dewantara, sekaligus dikembangkan dalam rangka pengabdian dan dedikasi untuk bangsa serta negara. Selanjutnya Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan Kota Medan terus mempersiapkan mental dan kualitas pendidikan, sehingga para siswa dapat lebih berprestaasi ke depannya.

Untuk mewujudkan  hal itu, Walikota mengatakan akan meningkat SDM dan profesional para tenaga pengajar. Kemudian diikuti dengan perbaikan sarana  dan prasarana pendidikan maupun fasilitas pendukung pendidikan tersebut.
“Insya Allah  dengan upaya yang kita lakukan ini, pendidikan di Kota Medan ke depannya semakin lebih berkualitas lagi,” ungkap Eldin. [ded]

Terkait


Berita Terbaru