Home / NEWS / Alhamdulillah, Pensiunan Juga Dapat Gaji ke-13 dan THR

Alhamdulillah, Pensiunan Juga Dapat Gaji ke-13 dan THR


EDISIMEDAN, JAKARTA- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi sudah memastikan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan menerima gaji sebanyak tiga kali pada Juni mendatang. Bagaimana dengan pensiunan PNS?

Nah, menurut Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman, gaji ke-13 dan THR tidak hanya untuk PNS aktif, pensiunan PNS juga berhak mendapatkan gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR).

Hanya, pensiunan bakal mendapatkan 50 persen dari uang pensiun atau tunjangan pada Juni 2016. Rinciannya, penerima pensiun meliputi: pensiun pokok, tunjangan keluarga dan/atau tunjangan tambahan penghasilan.

Baca Juga:  Ketum Hanura akan Perjuangkan Nurhajizah Dilantik Sebagai Wagubsu

Sedangkan untuk penerima tunjangan hanya menerima tunjangan sesuai peraturan perundang-undangan. Untuk THR, akan diberikan sebesar gaji pokok pada Juni 2016.

“Namun THR untuk penerima pensiun/tunjangan hanya 50 persen dari pensiun pokok/tunjangan Juni 2016,” jelas Herman.

Saat ini, aturan pemberian gaji ke-13 dan THR tengah diharmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM. Setelah selesai diharmonisasi, RPP akan segera disampaikan kepada Presiden untuk ditetapkan.

“Untuk hal-hal yang bersifat teknis terkait pelaksanaan, termasuk besaran anggarannya silakan dikonfirmasi ke Kementerian Keuangan, ujar Herman.

Seperti diketahui, gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi PNS yang diberikan pada Juli 2016 akan diberikan kepada seluruh PNS, TNI, POLRI, penerima pensiun, penerima tunjangan, kepala daerah hingga Menteri pada bulan Juni.

Baca Juga:  Aktivitas Bisnis dan Sosial XL Axiata Diganjar Penghargaaan

BACA JUGA:
Menteri Yuddy Pastikan PNS Gajian 3 Kali di Bulan Juni, Ini Rinciannya

Pemberian THR untuk aparatur yang masih aktif sebesar 100 persen gaji pokok, untuk penerima pensiun tunjangan, nilainya hanya 50 persen dari pensiun/tunjangan pokok pada Juni 2016.

Dijelaskan lebih lanjut, penerima gaji ke-13 dan THR yang sumber anggarannya dari APBN terdiri dari PNS yang bekerja di instansi pemerintah pusat, anggota TNI, anggota POLRI, penerima pensiun, penerima tunjangan, pejabat negara.

Kemudian selain gubernur dan wakil gubernur, bupati/walikota dan wakil bupati/wakil walikota; pejabat lain yang hak keuangan/administrasinya disetarakan/setingkat menteri; wakil menteri. [BACA HALAMAN SELANJUTNYA–>]

Terkait


Berita Terbaru