Home / NEWS / KIP Bireuen Jadwalkan Verifikasi Faktual Calon Independen

KIP Bireuen Jadwalkan Verifikasi Faktual Calon Independen


Ketua KIP Bireuen Mukhtaruddin, SH, MH, (berdiri) sedang memimpi verifikasi administrasi dukungan calon perseorangan atah Independen, di kantor KIP setempat. [Foto: TARMIZI A. GANI.]

EDISIMEDAN.com, BIREUEN – KIP Bireuen dalam waktu dekat ini akan melakukan verifikasi faktual menyangkut kebenaran dukungan kepada calon perseorangan atau Independen yang telah diserahkan kepada KIP beberapa waktu lalu oleh calon bupati dari pasangan perseorangan masing-masing, demikian disampaikan Mukhtar Senin (15/8/2016).

Dikatakan Ketua KIP Bireuen Mukhtaruddin, SH, undang-undang Pemilihan Kepala Daerah yang baru disahkan pada rapat paripurna DPR baru-baru ini, telah memuat ketentuan yang memperketat proses verifikasi kartu tanda penduduk (KTP) yang digunakan oleh calon perseorangan atau Independen.

Untuk itu KIP Bireuen akan melakukan verifikasi faktual calon Perseorangan atau Independen Kabupaten Bireuen mulai 22 Agustus sampai 6 September 2016 ini, kita harap semuanya bisa berjalan sesuai rencana.

Baca Juga:  Soal Penggunaan Heli Polisi Untuk Resepsi Pernikahan, Ini Hasil Klarifikasi Polda Sumut

BACA JUGA
Mualem Bantu Ruslan M Daud Nyalon Bupati Bireuen Melaui Partai Aceh

Ada dua jenis verifikasi yang diatur dalam pasal 48 UU Pilkada. Pertama adalah verifikasi administrasi yang dilakukan KPU tingkat provinsi/kabupaten/kota dibantu oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Untuk calon perseorangan atau Independen di Kabupaten Bireuen, “KIP sedang melakukan verifikasi administrasi”, dan selanjutnya pada tanggal 22/8-6/9 KIP Bireuen akan melakukan verifikasi faktual dilapangan, jelas Mukhtaruddin.

Kedua, adalah verifikasi faktual dengan metode sensus dengan menemui langsung setiap pendukung calon yang menyerahkan KTP-nya, tutup Mukhtaruddin.

Di Kabupaten Bireuen ada tiga pasangan perseorangan atau Independen yang menyerahkan dukungan kepada KIP, antaranya adalah H Ruslan M Daud (Bupati Incumbent) yang berpasangan dengan Tgk. H Jamaluddin Idris Imam besar masjid agung sultan jeumpa Bireuen. [TARMIZI]

Terkait


Berita Terbaru