Home / NEWS / Kunjungi Kampung Menkumham, Presiden Jokowi Menginap di Nias

Kunjungi Kampung Menkumham, Presiden Jokowi Menginap di Nias


Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melakukan kunjungan perdana di Kepulauan Nias. Jokowi dan Ny Iriana Jokowi tiba dengan pesawat milik TNI-AU di Bandara Binaka Gunungsitoli, Desa Binaka, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Jumat (19/8/2016) sekitar pukul 11.30 WIB.

EDISIMEDAN.com, NIAS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Hj Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Kepulauan Nias, Jumat (19/8/2016). Pada kunjungan perdananya di kampung halaman Menteri Hukum dan HAM Yassona H Laoli itu, Jokowi memilih menginap di Pulau Nias.

Jokowi juga didampingi sejumlah pejabat negara antara lain,  Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Rini Sumarno, Menkumham Yassona H Laoli, Gubsu Tengku Erry Nuradi, anggota DPD RI Parlindungan Purba, anggota DPR RI Maruarar Sirait, Marinus Gea, Kapolda Sumut Irjen Pol Raden Budi Winarso dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewyk Pusung.

Persiden dan rombongan tiba di Bandara Binaka Gunungsitoli, Jumat sekitar pukul 11.37 WIB. Kedatangan Jokowi dan rombongan disambut oleh para kepala daerah di lima kabupaten/kota se Kepualauan Nias.

Baca Juga:  DPP PAN Copot Asiong dari Jabatan Ketua DPRD Labusel

Setelah beristirahat kurang lebih setengah jam di ruang VIP Bandara Binaka Gunungsitoli, Jokowi dan rombongan selanjutnya menuju Kota Gunungsitoli untuk melaksanakan salat Jumat di Masjid Jami’ Kelurahan Ilir Kota Gunungsitoli.

Selesai melaksanakan salat Jumat di Mesjid Jami Ilir, Presiden RI Jokowi kemudian menuju Pendopo Kabupaten Nias untuk melakukan pertemuan dengan seluruh pimpinan daerah, Ketua DPRD dan Forkkopimda se Kepulauan Nias..

Kedatangan Jokowi di Pendopo Kabupaten Nias, Presiden Jokowi dan istri disambut secara adat Nias sekaligus Pemerintah Kabupaten/Kota se Kepulauan Nias menyerahkan pakaian adat kebesaran Nias.

Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli mewakili para kepala daerah se Kepulauan Nias pada sambutannya di hadapan Presiden Jokowi menyampaikan gambaran umum serta kondisi yang dihadapi oleh lima pemerintah daerah di Kepulauan Nias. Pada kesempatan itu Bupati Nias juga menyampaikan beberapa harapan kepada presiden diantaranya masalah kelistrikan, pengembangan Bandara Binaka Gunungsitoli, Pembangunan Ring Road Nias dan pemekaran Provinsi Kepulauan Nias.

Baca Juga:  Ajukan PK Alasan Anak Nias yang Dipidana Mati Dibawa ke Medan

Pada pertemuan tersebut, Presiden Jokowi berjanji bahwa pada tahun 2018, Bandara Binaka Gunungsitoli akan diperpanjang menjadi 2.800 meter. Selain itu Jokowi akan memprioritaskan penambahan daya listrik di Pulau Nais, dimana daya saat ini 27 MW akan ditambah sebesar 25 MW dengan membangun PLTGB yang sedang dilaksanakan tahun ini. Sedangkan pada tahun 2017 akan dilakukan lagi penambahan daya listrik sebesar 26 MW.

Terkait


Berita Terbaru