Home / COMMUNITY / Guru di Deliserdang Berlatih Modul Pembelajaran USAID Prioritas

Guru di Deliserdang Berlatih Modul Pembelajaran USAID Prioritas


Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Deli Serdang Dra Wastianna Harahap membuka Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pembelajaran Modul 2 Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Deliserdang

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Pemerintah Kabupaten Deliserdang menggelar pelatihan untuk guru-guru dari tingkat SMP dengan menggunakan modul pembelajaran yang dikembangkan USAID Prioritas.

Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pembelajaran Modul 2 Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Deliserdang ini diadakan pada 30 Agustus – 3 September 2016 di Hotel Daksina Medan.

Pelatihan tersebut merupakan bagian dari diseminasi atau perluasan program pendidikan yang dikembangkan USAID PRIORITAS, oleh pemerintah Kabupaten Deliserdang dengan total dana sekitar Rp 36 miliar.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk melatih guru-guru tingkat SMP memahami prinsip-prinsip pembelajaran kontekstual dan mengembangkan pembelajaran yang baik berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran aktif/kontekstual untuk meningkatkan kualitas belajar siswa.

Guru juga dilatih menerapkan beberapa strategi dalam pengelolaan kelas yang lebih efektif berdasarkan permasalahan yang ditemukan selama ini, memahami Kurikulum (Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013) dengan baik.

Baca Juga:  RUMAH ZAKAT SALURKAN 500 PAKET BERBAGI BUKA PUASA SEKOLAH JUARA MEDAN

Khususnya dalam hal pendekatan saintifik dan penilaian autentik, merancang langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang efektif dengan memerhatikan proses pembelajaran yang melayani perbedaan individu siswa.

Juga mendorong siswa berpikir tingkat tinggi untuk merumuskan pertanyaan tingkat tinggi, penilain autientik, peka terhadap gender, serta mengembangkan kemampuan literasi siswa.

Merancang tugas kinerja dan rubriknya dan menerapkannya dalam praktik mengajar sebagai salah satu bentuk penilaian autentik; praktik mengajar berbagai gagasan yang dipelajari dalam pelatihan; dan membuat rencana tindak lanjut, terkait dengan pembelajaran, yang konkrit dan dapat dilaksanakan dalam kurun waktu minimal tiga bulan menyusul berakhirnya pelatihan.

Baca Juga:  UIN Sumatera Utara Wisuda 1186 Sarjana

Kegiatan pelatihan modul 2 ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Deliserdang, Kordinator Fasilitator Daerah, Kasubbag Program Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, serta Distric Coordinator Deliserdang USAID PRIORITAS Sumut.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Deli Serdang Dra Wastianna Harahap mengatakan, pelatihan yang sedang berlangsung akan diikuti dengan praktik mengajar dan pendampingan. Praktik mengajar akan dilakukan pada hari terakhir pelatihan yang akan dilaksanakan di SMP 1 Tanjung Morawa.

Ia juga mengatakan bahwa untuk meningkatkan profesionalisme guru dan pemerataan kualitas pendidikan di Kabupaten Deliserdang, fungsi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) akan terus didorong.

Pemkab Deliserdang akan melakukan kerjasama dengan Unimed untuk meningkatkan mutu pendidikan. “Salah satunya dengan menguatkan peran dan fungsi MGMP,” katanya.

Baca Juga:  Ketua Dewan Riset Daerah Sumut Kuliah Umum di UNPRI Medan

“Tahun ini ada 500% kenaikan APBD Deliserdang untuk mendukung program USAID Prioritas dalam rangka peningkatan mutu guru dalam mengajar. Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Deliserdang tahun ini juga mendapatkan penghargaan dari Provsu sebagai peserta UNBK terbanyak,” katanya lagi.

Yusnaldi Kasubbag Program Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Deliserdang yang juga menghadiri pelatihan ini berharap melalui pelatihan ini guru-guru bisa menerapkan pembelajaran yang bisa memberikan inspirasi bagi anak-anak.

“Agar bisa mengajar dan memberikan inspirasi kepada siswa, sangat penting meningkatkan keterampilan guru menerapkan metode CTL di kelas. Pelatihan ini mempersiapkan guru-guru tersebut,” pungkasnya.  [ekd]

Terkait


Berita Terbaru