Home / BISNIS / CPO Fund Diharapkan untuk Bangun Infrastruktur dan Pelabuhan

CPO Fund Diharapkan untuk Bangun Infrastruktur dan Pelabuhan


Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno,SH, Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Pusat Joko Supriono, mendengarkan penjelasan PTPN III tentang KEK Sei Mangkei dalam acara pembukaan Indonesia Palm Oil Stakeholder Forum (IPOS Forum) di Hotel Santika Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis Medan, Kamis (1/9/2016).

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengharapkan dana pungutan sawit (CPO Fund) dapat dikembalikan kepada industri sawit yang lebih efektif melalui pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas pelabuhan.

Hal itu diungkapkan Tengku Erry Nuradi pada acara Pembukaan Indonesia Palm Oil Stakeholder Forum (IPOS Forum) di Hotel Santikan Dyandra, Jalan Maulana Lubis Medan, Kamis (1/9/2016).

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno SH, Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Pusat Joko Supriono, Ketua GAPKI Sumut Ir Setya Darma Sebayang, Direksi PTPN, APKASIDO, Direktur PPKS dan Pengurus Dewan Minyak Sawit Indonesia.

Baca Juga:  Polda Sumut Tangkap Pelaku Penggelapan 26 Ton CPO

“Kami juga mengharapkan dana pungutan sawit (CPO Fund) dapat dikembalikan kepada industri sawit lebih efektif melalui pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas pelabuhan,” ujar Erry.

Erry juga menyambut menyambut positif pembentukan Badan Pengelola Dana Kelapa Sawit (BPDPKS) oleh pemerintah untuk membantu pengembangan industri sawit, termasuk di Sumut. Banyak jalan membutuhkan perbaikan infrastruktur terutama pada sentra perkebunan rakyat dan banyak pula hambatan ekspor akibat keterbatasan fasilitas pelabuhan.

“Dengan dana Pemda yang terbatas, maka dengan keberadaan BPDPKS dapat membangun infrastruktur jalan yang akan menurunkan time handling, menurunkan biaya transportasi pengangkutan TBS,”sebut Erry.

Erry menyatakan, BPDPKS diharapkan dapat membantu petani dan pelaku usaha sawit lainnya untuk memperoleh margin yang lebih baik dan tentunya akan meningkatkan perekonomian Sumut.

Baca Juga:  Gagal Pencalonan Pilgubsu, Nama Tengku Erry Nuradi Jadi Nama Gedung Inspektorat

Selain itu, Erry juga bengharap BPDPKS juga dapat membantu pendanaan bagi para petani kelapa sawit di Sumatera Utara yang saat ini sebagian sedang ataupun memasuki masa replanting. Persyaratan bantuan pendanaannya dipermudah.

“BPDPKS juga diharapkan tidak hanya melibatkan bank-bank nasional, tetapi juga bank daerah seperti Bank Sumut yang merupakan bank kebanggaan masyarakat Sumatera Utara untuk penyaluran bantuan kepada pekebun rakyat ataupun  kegiatan BPDPKS yang terkait dengan sawit di Sumatera Utara,” pungkas Erry. [ded]

Terkait


Berita Terbaru