Home / / JR Saragih: Gereja Harus Bergandeng Tangan dengan Pemerintah

JR Saragih: Gereja Harus Bergandeng Tangan dengan Pemerintah


HUT GBKP. Bupati Simalungun, JR Saragih hadiri perayaan HUT Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Runggun Jalan Nias, Pematangsiantar yang ke-66 pada hari ini Minggu (4/12/2016).

EDISIMEDAN.com, PEMATANGSIANTAR – Bupati Simalungun JR Saragih dalam perayaan HUT Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Runggun Jalan Nias, Pematangsiantar yang ke-66 pada hari ini Minggu (4/12/2016) berpesan Gereja akan bisa besar kita saling bergandengan tangan dengan pemerintah.

Selain itu, kata JR Saragih, Gereja pun harus mampu membangun komunikasi dua arah dengan pemerintah.

“Untuk itu, marilah bersama pemerintah Gereja memberikan pelayanan kepada masyarakat. Itu sebabnya, saya sebagai perwakilan dari pemerintah datang kesini, karena saya ingin melayani masyarakat,” ujar JR Saragih Bupati Simalungun.

Pada kesempatan yang sama JR Saragih pun berpesan kepada persadan man anak gerejanta (permata) untuk menunjukan jati dirinya, dan jangan pernah meninggalkan adat budaya serta bahasa asal daerahnya.

Baca Juga:  Saat Natal JR Saragih Kunjungi Beberapa Kediaman Ephorus

“Jika kalian tidak menunjukan jati dirinya, maka sama dengan mati ruh-nya. Begitu pun dengan bahasa daerah kalian berasal. Harus terus dilestarikan. Jika di rumah gunakanlah bahasa daerah. Karena berbahasa Indonesia sudah didapatkan di sekolah dan gereja. Itulah budaya kita. Jatidiri kita,” pesan JR Saragih.

Agar Gereja memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat JR Saragih mendonasikan dana dari kantong pribadinya sebesar total Rp 20 juta. Donasi sebesar Rp 15 juta sebagai dana perayaan, dan Rp 5 juta untuk generasi muda (permata) dan paduan suara.

“Dan saya yakin, generasi muda dari Gereja ini akan mampu menjadi garam yang terang di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga:  Dihantam Isu Rusak Ekosistem Danau Toba, Ini Kata Dirut TPL

Sementara itu, Lukas Barus Kepala Tata Ruang dan Permukiman (Tarukim) Kota Pematangsiantar yang mewakili PJ Walikota Pematangsiantar mengatakan, jika pihaknya pemerintah kota (Pemkot) Pematangsiantar siap bekerjasama dalam hal pelayanan kerohanian atau keagamaan di tengah-tengah masyarakat.

“Atas nama Pemerintah Kota Pematangsiantar mengucapkan selamat hari jadi GBKP yang ke-66. Kami berharap GBKP mampu memberikan layanan agama di tengah-tengah masyarakat dan bekerjasama dalam pelayanan kerohanian. Kami dari Pemkot Pematangsiantar mendonasikan Rp 10 juta untuk perayaan, dan Rp 1 juta dari dana pribadi,” terang Lukas Barus.

Sowe Permata Ginting, Ketua Panitia HUT GBKP mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi ke JR Saragih sebagai kepala daerah Simalungun meski bukan dalam daerahnya akan tetapi mau berkenan hadir dalam perayaan Gereja GBKP di Pematangsiantar. [ftr]

Terkait


Berita Terbaru