Home / COMMUNITY / Sedalanen Etnik Gelar Pertunjukan Seni Kolaborasi Karo dan Jawa

Sedalanen Etnik Gelar Pertunjukan Seni Kolaborasi Karo dan Jawa


SENI. Sedalanen Etnik, group musik asal Kota Medan yang mengangkat nilai budaya , akan menyelenggarakan sebuah event seni pertunjukan yang mengangkat kolaborasi antara seni budaya suku KARO dan suku JAWA.

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Sedalanen Etnik, group musik asal Kota Medan yang mengangkat nilai budaya , akan menyelenggarakan sebuah event seni pertunjukan yang mengangkat kolaborasi antara seni budaya suku Karo dan suku Jawa.

Pagelaran seni pertunjukan yang diprakarsai  Jacky Raju Sembiring ini diberi tema “KAROJA” Transformasi Music Tradisional Karo Jawa.

Acara berlangsung pada Sabtu 04 February 2017 di Simpang Tuntungan, Jalan Jamin Ginting, Medan.

“Akan ada sebuah kolaborasi Tari Seluk dari Karo dan Tari Kuda Lumping dari Jawa yang diiring alat musik tradisional kedua suku tersebut secara bersamaan menjadi satu buah karya seni yang akan di pertunjukan pada masyarakat,” ucap  Jacky R Sembiring, Selasa, (31/1/2017)

Baca Juga:  Menag Resmikan Gedung Pelayanan Jamaah Haji Medan Senilai Rp 7 Miliar

Selain itu, tambah alumni ISI Jogja tersebut, akan ada beberapa lagu Karo dan Jawa dibawakan dengan aransemen kolaborasi antara nuansa tradisi kedua suku yang digabung dengan nuansa musik barat.

Pagelaran seni “KAROJA” ini juga didukung oleh sejumlah seniman penggiat seni budaya di Sumut. Diantaranya, De Tradisi, Romelo Purba, Wisnu Bangun , Petraqoustic,  Armenia , Half Gmt Kabanjahe,  Jody Sembiring, Youngest Seragih,  Ricky Noris Bukit, Risda Octavia Barus,  Hanna Pagit,  Simran Keliat , Jhon Tarigan , Jonatan Barus, Egi Sinulingga dan M’Clarock.

Jacky berharap event ini sebagai media informasi yang positif kepada masyarakat agar mencintai budaya dan mau ikut ambil bagian dalam pembangunannya.

Baca Juga:  Peduli Warga Kurang Mampu, Wiraland Bagi Paket Imlek

“Bukan hanya dalam bidang musik saja, melainkan dalam bidang lainnya yang mengandung nilai nilai positif guna membangun daerah serta budaya masing masing,” ungkapnya.

Melihat anak muda yang begitu menikmati musik luar dan selalu membanggakan ilmunya untuk mempelajari budaya luar tanpa memperhatikan budaya daerah mereka sendiri menjadi bentuk kegelisahan Jacky dan teman teman menjadi awal lahirnya Group musik Sedalanen Etnik. Terlahir dengan jiwa patriotik ingin menjaga Kebhinekaan tetap utuh.

“Melalui event ini, Sedalanen Etnik berpandangan bahwa pertunjukan seni budaya masyarakat Karo dan Jawa yang biasanya digunakan untuk prosesi ritual berbau mistis. Di event KAROJA ini akan dikemas serta disajikan menjadi sebuah pertunjukan hiburan,”tutup Jacky. [ril/ska]

Terkait


Berita Terbaru