Home / NEWS / Imigrasi Medan Amankan 13 TKI Ilegal Asal Pulau Jawa

Imigrasi Medan Amankan 13 TKI Ilegal Asal Pulau Jawa


TKI ILEGAL.Sebanyak 13 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang diduga ilegal diamankan petugas ImigrasiMedan di Bandara Kualanamu pada Kamis, 16 Maret 2017 malam. Belasan TKI yang semuanya wanita itu rencananya akanberangkat ke Oman melalui Singapura.

EDISIMEDAN.com, MEDAN- Sebanyak 13 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang diduga ilegal diamankan petugas Imigrasi Medan di Bandara Kualanamu pada Kamis, 16 Maret 2017 malam. Belasan TKI yang semuanya wanita itu rencananya akan berangkat ke sejumlah wilayah di Timur Tengah melalui Singapura.

Saat ini, ke tiga belas perempuan ini sudah diamankan di lantai dua Kantor Imigrasi Klas 1 Khusus Medan Jalan Gatot  Subroto, Medan.

“Belasan TKI ilegal itu diamankan berkat kecurigaan petugas, awalnya kita melakukan pemeriksaan , kita lihat paspornya dikeluarin di daerah Jawa, tapi kok berangkatnya dari Bandara Kualanamu. Kita curiga,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan Lilik Bambang, Jumat, (17/3/2017).

Baca Juga:  Cabai dan Bawang Merah Pemicu Inflasi di Sumut

Setelah dilakukan pendalaman, akhirnya petugas mengamankan mereka. Kepada petugas, mereka mengaku akan terlebih dulu ke Singapura dan selanjutnya ke daerah tujuan di Timur Tengah.

“Mereka mau terbang dan kita tolak ke luar negeri karena diduga menjadi TKI ilegal. Kata mereka, di Singapura ada yang ngurus untuk terbang ke Oman, Abu Dhabi dan Riyadh,” terangnya.

TKI ILEGAL.Sebanyak 13 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang diduga ilegal diamankan petugas Imigrasi
Medan di Bandara Kualanamu pada Kamis, 16 Maret 2017 malam. Belasan TKI yang semuanya wanita itu rencananya akan
berangkat ke Oman melalui Singapura.

Setelah dilakukan pemeriksaan sementara, mereka mengaku tidak membawa uang. Kemudian petugas membawa ke-13 orang tersebut ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan.

“Mereka yang diamankan itu berinisial Y, SA, FI, LM, P, D, FA, U, P, F, N, RE, dan K. Mereka berasal dari NTT, Sumbawa, Karawang, Serang, Cianjur,” tutur Lilik.

Baca Juga:  Ini Pesan Dora Natalia Singarimbun untuk Netizen yang Memakinya

Selanjutnya kata Lilik, pihaknya akan berkordinasi dengan pihak terkait untuk pemulangan belasan TKI ilegal ini.

“Tentu, ke depan kita akan kordinasi dengan Dinas Sosial untuk pemulangan mereka ke daerah asal masing-masing. Karena, sampai saat ini mereka tidak punya apa-apa dan mereka juga ditipu oleh calo, sebut orang nomor satu di Kantor Imigrasi Kelas satu Medan ini. [ska]

Terkait


Berita Terbaru