Home / BISNIS / Jelang Berakhir Tax Amnesti, Kanwil DJP Sumut I Kumpulkan Rp 4,6 Triliun

Jelang Berakhir Tax Amnesti, Kanwil DJP Sumut I Kumpulkan Rp 4,6 Triliun


TAX AMNESTY.Program Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) akan segera berakhir pada 31 Maret 2017 mendatang. Sampai dengan 20 Maret 2017, jumlah uang tebusan yang masuk ke kas negara dari para Wajib Pajak di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Utara I mencapai Rp 4,6 triliun.

EDISIMEDAN.com, MEDAN- Program Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) akan segera berakhir pada 31 Maret 2017 mendatang. Sampai dengan 20 Maret 2017, jumlah uang tebusan yang masuk ke kas negara dari para Wajib Pajak di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Utara I mencapai Rp 4,6 triliun.

“Jumlah ini terbaik di luar Pulau Jawa, ” ujar Kepala Kanwil DJP Sumut I, Muhktar dalam keterangan persnya, Selasa, (21/3/2017).

Menurut Muhktar, hingga menjelang berakhirnya program pengampunan pajak ini sudah lebih dari 43 ribu Wajib Pajak (WP) telah mengikuti program ini. Dengan jumlah harta yang dideklarasikan di dalam neger mencapai Rp 159,1 triliun dengan total repatriasi hingga Rp 3,8 triliun. Sedangkan jumlah harta yang dideklarasikan di luar negeri, kata Mukhtar menncapai Rp 45,4 triliun. Dengan demikian, menurut Mukhtar total harta yang telah dideklarasi mencapai Rp 208,4 triliun.

Baca Juga:  Jokowi Optimis Tax Amnesty Tutupi Kekurangan Biaya Infrastruktur Rp 3.400 T

“Kami mengapresiasi para Wajib Pajak dan seluruh pihak yang telah mendukung Program Pengampunan Pajak,” kata Mukhtar.

Namun kata Mukhtar, baru sekitar 10 persen Wajib Pajak di Sumut I yang memanfaatkan program Tax Amnesti dari jumlah keseluruhan sebanyak 412 ribu wajib pajak.

“Hingga periode ketiga baru 43 ribu dari 412 ribu WP yang ikuti program ini. Makanya kita dorong yang lain untuk memanfaatkan 10 hari sebelum penutupan Program ini,” pintanya.

Pada periode ketiga Program Pengampunan Pajak ini, kata Mukhtar DJP Sumut I mengumpulkan Rp 440 miliar. Secara keseluruhan katanya, jumlah ini sudah lebih dari target sebesar Rp 4,4 triliun. Namun menurut Mukhtar menjelang habisnya program ini pihaknya masih berharap wajib pajak yang belum mengikuti program ini untuk memanfaatkan Tax Amnesti.

Baca Juga:  PRUAnugerah Syariah Bantu Siapkan Warisan Hingga Miliaran

“Yah kalo bisa 5 triliun, makin besar yang memanfaatkan kan makin bagus,” katanya. [ska]

Terkait


Berita Terbaru