Home / NEWS / Polda Sumut Musnahkan 20 Kilogram Sabu

Polda Sumut Musnahkan 20 Kilogram Sabu


PEMUSNAHAN NARKOBA.Pihak Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut)memusnahkan barang bukti penyalahgunaan narkoba. Pemusnahan narkoba ini langsung dilakukan Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel di halaman Mako Polda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Jumat (31/3/2017).

EDISIMEDAN.com, Medan – Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut)memusnahkan barang bukti penyalahgunaan narkoba. Pemusnahan narkoba ini langsung dilakukan Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel di halaman Mako Polda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Jumat (31/3/2017).

Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Polisi Rycko Amelza Dahniel mengatakan, jenis narkoba yang dimusnahkan terdiri dari 23.204,06 gram sabu, 21.578,6  gram ganja dan 1.587 butir pil ekstasi.

“Barang bukti narkotika yang dimusnahkan merupakan sebagian dari hasil sitaan Ditresnarkoba Polda Sumut pada periode Bulan Januari sampai dengan Maret  2017,” kata Rycko.

Dijelaskannya, dari periode tersebut ada sebanyak 26 kasus dengan jumlah tersangka 50 orang. Para tersangka terdiri dari 49 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Keseluruhan tersangka ditangkap di tempat dan di waktu yang berbeda-beda, dan dengan barang bukti yang berbeda-beda.

Baca Juga:  Kapoldasu Bentuk Tim Soal Tudingan Tangkap Lepas Tersangka di Polres Asahan

Pemusnahan barang bukti dilakukan Staf Labfor Cabang Medan, dengan cara semua barang bukti terlebih dahulu diteliti kebenarannya disaksikan Kapolda Sumut, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut, Brigjend Pol. Andi Loedianto, dan para undangan lainnya.

Selanjutnya barang bukti berupa sabu, ganja dan pil ekstasi dimasukan kedalam air panas yang sudah mendidih dan dicampur serta diaduk sampai dengan merata, kemudian dibuang ke dalam lubang tanah yang sudah dipersiapkan.

“Untuk barang bukti ganja dilakukan dengan cara membakar. Pasal yang dilanggar para tersangka adalah UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Tindak Pidana Narkotika,” Rycko menandaskan. [ska]

Terkait


Berita Terbaru