Home / NEWS / Awas! 300 Tahanan Kabur, Warga Sumut Diminta Berhati-hati

Awas! 300 Tahanan Kabur, Warga Sumut Diminta Berhati-hati


TAHANAN KABUR. Ratusan tahanan Rutan Pekanbaru di Jalan Sialang Bungkuk, Tenayan Raya, Pekanbaru, melarikan diri. Informasi yang diperoleh, jumlah tahanan kabur kurang lebih mencapai kurang 300 orang, Jumat (5/5/2017)

EDISIMEDAN.com, PEKANBARU – Ratusan tahanan Lapas Sialang Bungkuk di Jalan Sialang Bungkuk, Tenayan Raya, Pekanbaru, melarikan diri, Jumat (5/5/2017).  Informasi yang diperoleh, jumlah tahanan kabur kurang lebih mencapai 300 orang.

Para tahanan kabur jelang dilaksanakannya ibadah shalat Jumat sekitar pukul 12.30 WIB siang tadi.

Polda Sumut sendiri sudah memerintahkan seluruh jajaran Polres di wilayah perbatasan Sumut-Riau untuk meningkatkan pengamanan. Untuk selanjutnya koordinasi dengan Polda Riau untuk mendapatkan data-data tahanan yang kabur.

“Kita sudah perintahkan jajaran Polres khususnya Labuhanbatu untuk melakukan razia di pintu masuk perbatasan,” kata Karo Humas  Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting.

Baca Juga:  Penerbangan Lion Air di KNO Kembali Normal

Sementara itu Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang, menegaskan pihaknya langsung mengerahkan petugas untuk membantu menjaga perbatasan untuk mencegah semua kemungkinan masuknya tahanan ke wilayah itu.

“Polsek Cikampak sejak sore tadi sudah mengerahkan puluhan personil melakukan razia. Setiap kendaraan masuk diperiksa dan memintai kartu identitas penumpang. Penumpang yang tak mengantongi kartu identitas tidak kita izinkan masuk ke wilayah Labuhanbatu,” jelas Frido Situmorang.

Menurut Karo Penmas Polri Brigjen Rikwanto, tahanan kabur ini dipicu terjadinya kericuhan di Rutan Sialang Bungkuk sekitar pukul 12.45 WIB, Jumat (5/5/2017).

Kerusuhan berawal dari over kapasitas di salah satu kamar yang berisikan 100 tahanan laki-laki. Karenakan jumlah kamar yang terbatas, sehingga menciptakan adanya bentrok fisik sesama tahanan dan tidak dapat dikendalikan oleh petugas sipir Rutan Kelas IIA Pekanbaru.

Baca Juga:  Ini Yang Dilakukan Rutan Tanjung Gusta Antisipasi Tahanan Kabur

“Sehingga para tahanan melakukan aksi kabur dari rutan,” ujar Rikwanto kepada wartawan.

Hingga malam ini polisi masih mencari tahanan yang masih berada di luar rutan.

Dirjen Pemasyarakatan (PAS) Kemenkumham I Wayan Kusmiantha Dusak, mengatakan Rutan Sialang Bungkuk berkapasitas 300 orang namun disesaki 1.870 tahanan.

Dari laporan awal yang diterima, para tahanan kabur setelah menyampaikan tuntutan, terutama soal fasilitas di rutan.

BACA JUGA
14 Tahanan Kabur dari Rutan Pancurbatu

“Ada beberapa masalah, sesuai dengan tuntutan, misalnya air, masalah kamar, kan itu kapasitas 300 isi 1.800-an, tuntutan soal pungutan segala fasilitas semuanya menurut versi mereka. Ini akumulasi dari persoalan,” tukas Dusak. [ded]

Terkait


Berita Terbaru