Home / NEWS / Ini Yang Dilakukan Rutan Tanjung Gusta Antisipasi Tahanan Kabur

Ini Yang Dilakukan Rutan Tanjung Gusta Antisipasi Tahanan Kabur


Kepala Pengamanan (KP) Rutan Klas IA Tanjung Gusta Medan Nimrot Sihotang (Pakai baju dinas).

EDISIMEDAN.com, MEDAN- Paska kaburnya 448 tahanan dari Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Sialang Bungkuk, Kota Pekan Baru, beberapa hari lalu, Rutan Klas IA Tanjung Gusta Medan memperketat keamanan dengan menambah jam kerja petugas pengamanan dari staf kantor serta mengubah pintu konvensional biasa menjadi sistem putar.

“Tentunya kejadian seperti di Pekan Baru senantiasa kita antisipasi. Perbaikan sarana dan prasarana pengamanan, terus kita benahi. Selain menambah jam kerja petugas pengamanan dari staf kantor, kita juga mengubah pintu konvensional biasa menjadi pintu putar untuk mempersempit gerakan melalui pintu keluar,” ucap Kepala Pengamanan (KP) Rutan Klas IA Tanjung Gusta Medan Nimrot Sihotang kepada wartawan di Medan, Senin (8/5/2017).

Baca Juga:  Dihukum 3 Tahun, Tahanan Kejari Karo Kabur Usai Sidang

Langkah lainnya yang diambil Nimrot adalah menambah jadwal kontrol keliling ke blok hunian dan tembok keliling. Soal pernyataan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoli terkait adanya dugaan pemerasan yang terjadi di Rutan Sialang Bungkuk, Nimrot menegaskan dugaan pemerasan atau pungutan liar (pungli) pada Rutan Klas IA Tanjung Gusta Medan selalu mereka antisipasi.

“Dirutan selalu kita antisipasi (pemerasan) dan semoga dengan apa yang kita lakukan tidak terjadi di Rutan Medan (Rutan Tj Gusta Medan), mohon doanya,” harapnya.

Menurut Nimrot, pembahasan mengenai seringnya peristiwa kabur tahanan terjadi di rutan adalah soal akar dari permasalahan mengapa orang menjadi pelaku kejahatan. Menurutnya langkah-langkah preventif untuk mencegah orang agar tidak berbuat kejahatan adalah suatu pembahasan yang serius yang perlu diperhatikan oleh seluruh eleman. [ska]

Terkait


Berita Terbaru