Home / NEWS / Inilah Salinan Lengkap Putusan Vonis Ahok

Inilah Salinan Lengkap Putusan Vonis Ahok


VONIS AHOK, Mejelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan vonis 2 tahun penjara kepada Basuki Tjahaja Purnama. Pria yang akrab disapa Ahok itu terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan penodaan agama Islam terkait surat Al Maidah ayat 51.
Majelis Hakim memimpin sidang lanjutan dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (4/4). Agenda sidang ke-17 adalah pemeriksaan terdakwa dan pemaparan barang bukti. (liputan6)

Menimbang bahwa berdasarkan pertimbangan pengadilan, terdakwa telah dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana disebut Pasal 156 huruf A KUHP dengan ancaman pidana selama-lamanya 5 tahun.

Menimbang bahwa Pasal 197 Ayat 1 huruf K KUHAP menyebutkan, bahwa surat putusan pemidanaan perintah supaya terdakwa ditahan atau tetap dalam tahanan atau dibebaskan.

Menimbang bahwa Pasal 197 Ayat 2 KUHAP menyebutkan, bahwa tidak dipenuhinya ketentuan Ayat 1 huruf a,b,c d,e,f, h,j,k dan l, pasal ini mengakibatkan putusan batal demi hukum.

Menimbang, berdasarkan uraian putusan tersebut di atas, pengadilan menetapkan agar terdakwa ditahan.

Menimbang bahwa terhadap barang bukti diajukan penuntun umum oleh karena semua barang bukti tersebut telah disita untuk dijadikan sebagai barangbukti dalam perkara ini dan semua barang bukti tersebut ada keterkaitan dengan yang dipidanakan, maka pengadilan sependapat, dengan penuntut umum bahwa semua barang bukti tersebut harus tetap terlampir dan menjadi bagian dari berkas perkara.

Baca Juga:  Kementerian BUMN Resmikan Gedung 8 Lantai Pertama di Kabupaten Batu Bara

Demikian juga dengan barang bukti yang diajukan penasehat hukum, oleh karena semua barangbukti tersebut telah disita untuk dijadikan sebagai barangbukti dalam perkara ini dan semua barangbukti tersebut ada keterkaitan dengan yang dipidanakan, maka pengadilan sependapat dengan kuasa hukum bahwa semua barang bukti tersebut harus tetap terlampir dan menjadi bagian dari berkas perkara.

Menimbang oleh karena terdakwa telah terbukti bersalah dan dijatuhi pidana, maka sesusai dengan pasal 222 Ayat 1 KUHAP, terdakwa juga harus dibebani untuk membayar biaya perkara yang besarnya diputuskan dalam amar putusan ini.

BACA JUGA
Ahok Divonis Dua Tahun, Ini Pertimbangan Majelis Hakim

Baca Juga:  Jamaah Haji Asal Labuhanbatu Wafat Usai Tawaf

MEMPERHATIKAN

Memperhatikan pasal 156 A Huruf a KUHP dan pasal-pasal dari UU dari UU No 8 tahun 1981 serta ketentuan lain yang bersangkutan,

MENGADILI

Mengadili, menyatakan terdakwa Ir Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penodaan agama.

MEMUTUSKAN

Menjatuhkan Pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 2 tahun.

Memerintahkan agar terdakwa ditahan. Menetapkan barangbukti yang diajukan penuntut umum dan kuasa hukum seluruhnya tetap terlampir dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari berkas perkara.

Membebankan kepada terdakwa untuk membayar biaya perkara Rp 5 ribu.

Demikian diputus dalam rapat musyarawarah majelis hakim Panegadilan Negeri Jakarta Utara pada hari Kamis, 4 Mei 2017 oleh kami Dwiarso Budi Santiarto sebagai hakim ketua,  dan hakim anggota Jupriyadi, Abdul Rosyad, Didik Wuryanto dan I Wayan Wirjana.

Baca Juga:  BNN Tembak Mati Dua Penyelundup Sabu di Pantai Cermin

Dan diucapkan dalam sidang yang terbuka untuk umum pada hari ini, Selasa 9 Mei 2017 dan diucapkan oleh hakim ketua majelis dengan didampingi hakim-hakim anggota tersebut, dibantu oleh Yusuf Priono, Hj Erni dan Ari Palti Siregar sebagai panitera pengganti pada PN Jakarta Utara dan dihadiri oleh Ali Mukartono SH, MM dkk tim penuntut umum dan terdakwa yang didampingi oleh penasehat hukumnya. [ded]

Terkait


Berita Terbaru