Home / NEWS / Operasi Patuh Toba Mulai Digelar Hari Ini, Polisi Akan Fokus Pada Penindakan Langsung

Operasi Patuh Toba Mulai Digelar Hari Ini, Polisi Akan Fokus Pada Penindakan Langsung


OPERASI PATUH TOBA 2017. Gubsu T Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut Irjen Rycko Amelza Dahniel dan Walikota Medan Dzulmi Eldin saat memeriksa kesiapan personil di Lapangan Benteng Medan, Selasa (9/5/2017) untuk pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2017.

EDISIMEDAN.com, MEDAN- Mulai hari ini, Selasa 9 Mei 2017 hingga 14 hari kedepan, jajaran kepolisian di wilayah hukum Polda Sumut menggelar Operasi Patuh Toba 2017. Operasi ini juga digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk Sumatera Utara, Operasi Patuh Toba ini ditandai dengan Apel Gabungan pada pagi tadi yang dipimpin oleh Gubernur Sumut T Erry Nuradi di Lapangan Benteng Medan.

Dalam amanatnya, Erry Nuradi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara mengatakan operasi ini dilaksanakan dengan mengutamakan tindakan represif berupa penegakan hukum penilangan yang terukur bagi pelanggar lalulintas tanpa mengensampingkan kegiatan preemtif dan preventive serta dilakukan dengan tindakan Kepolisian yang humanis mengedepankan 3 S (senyum, sapa, salam).

Baca Juga:  Diringkus TNI, Oknum Polisi Polres Binjai Terlibat Narkoba Diserahkan ke Polrestabes Medan

“Melalui operasi ini diharapkan tercapai beberapa tujuan yaitu turunnya angka kecelakaan lalulintas dan mampu menekan jumlah fatalitas korban kecelakaan lalulintas, berkurangnya titik kemacetan, terciptanya kerjasama yang baik antar instansi pemangku kepentingan lalulintas dan terwujudnya situasi dan kondisi kamseltibcarlantas yang mantap,”sebut Erry Nuradi dalam amanatnya.

Usai apel yang diikuti oleh jajaran Satlantas, Sabhara serta TNI ini, Kapoldasu Irjen Rycko Amelza Dahniel menerangkan bahwa operasi patuh ini fokus pada penindakan bagi pelanggar lalu lintas. Untuk itu dia berharap masyarakat melengkapi surat dan kelengkapan lainnya saat berkendara jika tidak ingin ditilang.

Rycko mengatakan operasi patuh toba 2017, ini adalah titik beratnya pada penegakkan hukum dalam rangka meningkatkan kepatuhan masyarkat bukan meningkatkan ketakutan masyarakat.

Baca Juga:  Gubsu Tinjau Bedah 15 Rumah Tidak Layak Huni di Dairi

“Jadi saya mohon kepada seluruh masyarkat di Sumut, mari kita patuh berlalu lintas. Jadikan keselamatan berlalulintas dan jadilah pelopor keselamatan berlalulintas bukan takut kepada petugas,” katanya kepada wartawan.

Sebelum Operasi Patuh, polisi sebelumnya telah menggelar Operasi Simpatik. Operasi simpatik ini polisi hanya menekankan pada sosialisasi dan penyuluhan tertib berkendaraan. Namun pada operasi patuh ini polisi akan fokus pada penindakan. [ska]

Terkait


Berita Terbaru