Home / MEDAN TODAY / Pemko Bakal Jadikan Medan Lebih Terang di Bulan Puasa

Pemko Bakal Jadikan Medan Lebih Terang di Bulan Puasa


KERJASAMA. Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan menjalin kerjasama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Medan, terkait pemeliharaan jaringan lampu penerangan jalan, termasuk penebangan pohon yang berada di bawah lampu jalan di sejumlah wilayah Kota Medan. Kerjasama ini dilakukan untuk menjadikan Medan lebih terang.

EDISIMEDAN.com, MEDAN- Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan menjalin kerjasama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Medan, terkait pemeliharaan jaringan lampu penerangan jalan, termasuk penebangan pohon yang berada di bawah lampu jalan di sejumlah wilayah Kota Medan.

Kerjasama ini dilakukan untuk menjadikan Medan  lebih terang. Apalagi sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadhan 1438 H, dimana umat Muslim Kota Medan banyak melakukan aktifitas, trutama beribadah di malam hari.

Kerja sama ini ditandai dengan pelepasan Tim Gabungan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan dengan PLN Cabang Medan oleh Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, M Husni SE MSi didampingi Manager PLN Cabang Medan ,Agus Trisusanto di Taman Ahmad Yani Jalan Sudirman Medan , Jumat (12/5).

Husni menjelaskan, kerjasama ini merupakan bentuk sinergitas antara stakeholder guna menjadikan Kota Medan lebih terang. Ditambah lagi bulan suci Ramadhan sudah di depan mata, sehingga penerangan sangat vital mengingat warga lebih banyak beraktifitas di malam hari.  Untuk itulah selain melakukan pemeliharaan lampu jalan, kerjsama ini juga difokuskan melakukan penenbangan dahan maupun ranting yang menutupi lampu jalan.

Baca Juga:  Tukang Becak Ditembak, Angkot Ditabrak KA dan Salah Apa Mobil Mewah Ini?

“Selama ini lampu penerang jalan terganggu akibat adanya dahan  maupun ranting pohon yang menutupinya. Guna menyikapi hal ini, makanya kita bersama PLN  melakukan pemangkasan pohon dan penataan lampu jalan. Dengan demikian umat Muslim Kota Medan akan merasa lebih nyaman dalam menghadapi bulan puasa. Insya Allah suasana suasana religi terasa  Jika Kota Medan Medan lebih terang,” kata Husni.

Menurut  mantan Kadispenda Kota Medan  ini, ada sejumlah ruas jalan yang menjadi konsentrasi untuk penataan lampu jalan seperti Jalan Brigjen Katamso, Jalan Juanda, Jalan Ringroad  Gagak Hitam dan Jalan Kol L Yos Sudarso. Kemudian diikuti dengan pemangkasan pohon yang lampu jalannya sudah tertutup  maupun terhalangi dahan maupun ranting.

Baca Juga:  Bobby Nasution Masuki Terowongan Parit MUDP, Temukan Penyebab Banjir Medan Denai, Minta Dinas PU Tuntaskan

“Sebelumnya tim gabungan sudah melakukan survei  lapangan di titik mana saja lampu jalan yang harus ditata. Tentunya kerja sama ini sangat bagus karena pada dasarnya kami sama – sama ingin menata Kota Medan untuk lebih baik lagi kedepannya. Apalagi untuk Kota Medan, PLN tidak membatasi daya. Tentunya ini penambah semangat kami,” ungkapnya.

Selanjutnya menyikapi arahan Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin  S MSi agar penerangan jalan menuju masjid, perkuburan serta ruang terbuka umum  supaya menjadi perhatian untuk diterangkan, Husni mengatakan Dinas kebersihan dan Pertamanan siap menindaklanjutinya.Malah mereka telah melakukan  pemeliharaan lampu jalan di kawasan kanal Kelurahan Titi Kuning  yang selama ini gelap, serta  kawasan  Jalan Ring Road.

” Kami berharap dengan penerangan lampu jalan di sejumlah kawasan  yang selama ini menjadi titik kumpul  para remaja, dapat meminimalisir terjadinya kenakalan remaja di bulan Ramadhan,” harapnya.

Baca Juga:  Pemko Medan Apresiasi Danlantamal Jadikan Kampung Nelayan Sebrang Destinasi Wisata

Manager PLN Cabang Medan, Agus Trisusanto mengungkapkan, pihaknya sangat menyambut baik kerjasama ini, sebab selama ini kendala yang terjadi pada lampu penerangan jalan adalah dahan ataupun ranting pohon yang menutupi lampu jalan. Artinya, kolaborasi ini akan dilakukan semaksimal mungkin dalam upaya  untuk penerangan di sejumlah wilayah di Kota Medan.

“Setelah dievaluasi ternyata 70 persen hambatan pada lampu penerangan jalan adalah adanya dahan maupun ranting pohon yang menutupi lampu jalan,  bukan peralatan yang terpasang di jaringan. Oleh karenanya dengan penenbangan yang dilakukan ini, lampu jalan yang ada di Kota Medan dapat berfungsi maksimal menerangi jalan,” jelas Agus. [ska]

Terkait


Berita Terbaru