Home / NEWS / Kapal Pembangkit Listrik Turki Tiba di Belawan

Kapal Pembangkit Listrik Turki Tiba di Belawan


KAPAL LISTRIK. Kapal pembangkit listrik asal Turki tiba di Belawan, Medan. Kapal pembangkit listrik bernama MV Karadeniz Powership (KP) Onur Sultan didatangkan dari negara asalnya untuk memenuhi pasokan listrik di Sumatera Utara.

EDISIMEDAN.com, BELAWAN – Kapal pembangkit listrik asal Turki tiba di Belawan, Medan. Kapal pembangkit listrik bernama MV Karadeniz Powership (KP) Onur Sultan didatangkan dari negara asalnya untuk memenuhi pasokan listrik di Sumatera Utara.

“Kapal MV KP Onur Sultan tiba di laut Belawan, Jumat sekitar pukul 16.30 WIB dan hari ini akan bersandar di dermaga PLTGU Sicanang,” kata Kepala Humas Syahbandar Pelabuhan Belawan, Wasfina, Minggu (21/5/2017).

Wasfina menjelaskan, untuk merapatkan kapal berbobot besar itu, akan ditarik menggunakan enam unit kapal tug boat menuju dermaga kapal milik PLN, dan dikawal oleh kapal syahbandar yang sudah dalam posisi stand by di tengah laut.

Baca Juga:  TVRI Belum Bisa Dijangkau Seluruh Pelosok Desa di Sumut

Untuk proses pelabuhan kapal pembangkit listrik ini, harus dilakukan pengosongan aktivitas pelayaran sementara di perairan Belawan sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

BACA JUGA
Kapal Pembangkit Listrik di Belawan Beroperasi Awal Juli

“Karena ukuran kapal cukup besar, jadi alur pelayaran harus dikosongkan, dan keluar masuk kapal lain ke pelabuhan Belawan ditutup,” ungkap Wasfina.

Konsultan PT Jasa Lingkungan Hidup Indonesia melalui juru bicaranya, Ilyas menyatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat khususnya yang tinggal di Kelurahan Sicanang Belawan tempat dimana kapal pembangkit listrik negara Turki akan sandar mengetahui lebih jauh keberadaan kapal yang akan membantu memberikan daya tenaga listrik.

Baca Juga:  Divonis 20 Tahun, Hakim: "Jessica Terbukti Lakukan Pembunuhan Berencana"

“Kapal tersebut nanti akan sandar dan beroperasi pada awal bulan Ramadhan dan seterusnya sehingga dapat membantu memberikan pelayanan penerangan kepada masyarakat,” ujarnya disela-sela sosialisasi di Aula Kantor Lurah Sicanang Belawan.

Menurut Ilyas, kapal dengan nama Marine Vessel Power Plant Karademiz Zeynep Sultan tersebut dengan lebar 50 meter dan panjang 100 meter dengan berat 1.850 grosstonage.

Sementara itu dari PLN Medan, Elida mengungkapkan bahwa bantuan penambahan daya dari kapal pembangkit listrik dari negara Turki ini semoga bisa memaksimalkan daya khususnya bagi pelanggan PLN.

BACA JUGA
Pasokan Listrik Aman Selama Ramadan

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan masyarakat dari beberapa lingkungan se-Kelurahan Sicanang Belawan serta unsur Muspika Kecamatan Medan Belawan. [wiwin]

Terkait


Berita Terbaru