Home / BISNIS / Kapal Listrik Turki Baru Beroperasi Awal Juni 2017

Kapal Listrik Turki Baru Beroperasi Awal Juni 2017


KAPAL LISTRIK. Kapal pembangkit listrik asal Turki tiba di Belawan, Medan. Kapal pembangkit listrik bernama MV Karadeniz Powership (KP) Onur Sultan didatangkan dari negara asalnya untuk memenuhi pasokan listrik di Sumatera Utara.

EDISIMEDAN.com, MEDAN- Kapal asal Turki, Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan yang telah tiba di Pelabuhan Belawan akan mulai beroperasi pada Juni 2017 mendatang.

“Ini sedang proses pemasangan-pemasangan arus. Dimana nantinya kapal tersebut akan mulai beroperasi pada minggu pertama Juni ini,” kata Deputi Manager Hukum dan Humas PLN Pembangkit Sumbagut, Binharun Nababan, Senin (22/5/2017).

Binharun menjelaskan bahwa datangnya kapal tersebut merupakan salah satu program dari Presiden Joko Widodo dengan mengalirkan arus listrik diseluruh Indonesia sebesar 35.000 MW.

baca juga : Kapal Pembangkit Listrik Turki Tiba di Belawan

“Nah, salah satunya untuk di Sumbagut adalah dengan mendatangkan MVPP Onur Sultan dari Turki tersebut,” jelasnya.

Baca Juga:  Seribuan Mahasiswa Antusias Ikuti Goes To Campus Bersama KPK dan BPJS ketenagakerjaan

Mendekati Bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, Binharun berharap bahwa pemadaman listrik yang sering terjadi akan dapat segera berakhir, terutama pada Bulan Ramadhan nanti.

“Untuk pemadaman di Bulan Ramadhan ini mudah-mudahan tidak ada lagi. Terkecuali ada gangguan-gangguan yang di luar prediksi kita. Dimana MVPP tersebut akan menambah kelistrikan Sumbagut dengan kapasitas daya 240 MW,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Kapal asal Turki tersebut tiba di Pelabuhan Belawan pada Minggu (21/5) kemarin. MVPP Onur Sultan tersebut memiliki mesin PLTD buatan Wartsila berkapasitas 18,81 MW/unit dengan jumlah total 24 unit dan mesin PLTU dengan kapasitas 2×15 MW.

Baca Juga:  PLN Putus Listrik Kampus, Mahasiswa dan Dosen AMIK MBP Ngadu Ke DPRD Sumut

Dengan masuknya tambahan daya 240 MW dari MVPP, nantinya daya tampung sistem Sumbagut dapat 2,287 MW dengan perkiraan beban puncak tertinggi yang mencapai 2.075 MW. Hal ini membuat sistem Sumbagut memiliki cadangan daya sekitar 212 MW dan diharapkan dengan datangnya kapal itu dapat meningkatkan pasokan listrik di Sumut. [ska]

Terkait


Berita Terbaru