Home / NEWS / Habitat Rusak Penyebab Harimau Sumatera Masuk Pemukiman Penduduk

Habitat Rusak Penyebab Harimau Sumatera Masuk Pemukiman Penduduk


HARIMAU SUMATERA. Seekor Harimau Sumatera tewas dibantai warga di Dusun Indah, Desa Terang Bulan, Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara (Sumut), Kamis, 25 Mei 2017kemarin. Hewan langka yang dilindungi ini diketahui beberapa hari ini mulai memasuki pemukiman warga. (foto istimewa)

EDISIMEDAN.com, MEDAN- Masuknya Harimau Sumatera ke kawasan pemukiman penduduk di Dusun Indah, Desa Terang Bulan, Kecamatan Aek Natas, Labuhan Batu Utara disinyalir kuat akibat dari rusaknya habitat satwa dilindungin itu.

Ini disampaikan oleh Kabid KSDA Wilayah I BBKSDA Sumut, Mukhtar Amin Ahmadi. Dia mengatakan, ada beberapa indikasi yang menyebabkan harimau masuk ke pemukiman warga. Sebagaimana yang terjadi di Dusun Indah, Desa Terang Bulan, Kecamatan Aek Natas, Labuhan Batu Utara.

“Salah satu penyebabnya karena faktor lingkungan atau habitatnya rusak,” kata Mukhtar saat konferensi pers di kantor BBKSDA, Medan, Jumat (27/5/2017) sore.

BACA :Masuk Pemukiman Penduduk, Harimau Sumatera Tewas Dibantai Warga

Baca Juga:  Ketua IJTI Sumut Desak Kapolres Batu Bara Tindaklanjuti Laporan Jurnalis iNews TV

BACA : Evakuasi Bangkai Harimau Sumatera di Labura Sempat Alot

Mukhtar juga menjelaskan dugaan lainnya karena usia harimau sudah tua sehingga tidak bisa bersaing dengan harimau lainnya. “Tidak bisa bersaing si belang itu pun keluar dan mencari mangsa di luar lingkungannya,” jelasnya.

Lebih lanjut, faktor lainnya bisa juga karena umurnya masih muda. Sehingga masih belajar berburu dan menjadikan hewan ternak warga sebagai tergetnya. “Faktor itu bisa saja terjadi. Namun, kami masih melakukan penyelidikan terkait matinya hewan dilindungi itu,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya seekor Harimau Sumatera yang berjenis kelamin jantan dan diperkirakan berusia 5-6 tahun itU mati setelah ditombak warga di Dusun Indah, Desa Terang Bulan, Kecamatan Aek Natas, Labuhan Batu Utara, Kamis (24/5/2017).

Baca Juga:  Masuk Pemukiman Penduduk, Harimau Sumatera Tewas Dibantai Warga

Mengetahui informasi tersebut, petugas langsung menuju lokasi untuk melakukan evakuasi bangkai Harimau. Saat dilakukan evakuasi petugas melihat ada beberapa bagian tubuh hewan buas tersebut sudah hilang.[ska]

Terkait


Berita Terbaru