Home / NEWS / Dramatis, Evakuasi Orangutan dengan 20 Peluru Bersarang di Tubuh

Dramatis, Evakuasi Orangutan dengan 20 Peluru Bersarang di Tubuh


EVAKUASI individu Orangutan yang terisolir dari beberapa lokasi kawasan hutan Aceh Tamiang dan Langkat, berhasil dilakukan setelah melalui perjuangan berat. Bahkan seekor Orangutan ditemukan 20 peluru bersarang di tubuhnya.

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Evakuasi individu Orangutan yang terisolir dari beberapa lokasi kawasan hutan dan perkebunan di Aceh dan Langkat berhasil dilakukan setelah melalui perjuangan berat.

Direktur Orangutan Information Centre (YOSL-OIC), Panut Hadisiswoyo mengatakan, evakuasi dilakukan bersama T‎im Human – Orangutan Conflict Rescue Unit (HOCRU), Yayasan Orangutan Sumatra Lestari.

Dalam evakuasi tersebut, lima ekor Orangutan berhasil diselamatkan setelah beberapa diantara penuh luka dan peluru yang bersarang di tubuh. Bahkan seekor Orangutan ditemukan 20 peluru bersarang di tubuhnya.

Setelah berhasil dievakuasi, individu Orangutan yang terisolasi tersebut dilepas liarkan ke alam bebas di Kawasan Hutan Leuser.

Baca Juga:  Program 1 Juta Rumah di Lahan HGU Bekala Mulai Dibersihkan PTPN2

“Evakuasi dilakukan pada tim pada tanggal 11 sampai 14 Juli 2017 di dua lokasi yakni Desa Kampung Batu, Bakongan, Aceh Selatan, di Dusun Kermal, Desa Tenggulun, Aceh Tamiang dan di perkebunan karet milik warga dusun Pancasila, desa Mekar Makmur, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat – Sumatera Utara,‎” ujar Panut Hadisiswoyo dalam pernyataannya yang diterima, Sabtu /2017).

Ia menerangkan, di lokasi pertama tim HOCRU melakukan evakuasi terhadap dua individu Orangutan indukan dan bayi di sebuah perkebunan kelapa sawit di Desa Kampung Batu, Bakongan, Aceh Selatan. Evakuasi pun langsung dilakukan dan berjalan dengan lancar.

Baca Juga:  Saut Situmorang Membantah Soal Jamuan Makan Anggota DPRD Sumut

Dua individu Orangutan dievakuasi dalam kondisi yang sehat dan dilakukan pelepasan di tempat yang lebih aman bagi Orangutan.

BACA JUGA
Dalam Sehari, Dua Harimau Sumatera Mati di Padang Lawas

“Setelah melakukan release‎, tim kembali menerima informasi dari masyarakat tentang keberadaan tiga individu Orangutan di Dusun Kermal, Desa Tenggulun, Aceh Tamiang,” jelasnya. [BACA HALAMAN SELANJUTNYA]

Terkait


Berita Terbaru