Home / SUMUT / RS Adam Malik Mesti Kembangkan Pelayanan Berbasis IT

RS Adam Malik Mesti Kembangkan Pelayanan Berbasis IT


AUDIENSI, Gubsu Tengku Erry menerima audiensi rombongan Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan Bambang Prabowo di ruang kerjanya, Rabu (2/8/2017).

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi meminta RS Adam Malik Medan menekankan pentingya inovasi dalam hal pelayanan masyarakat khususnya kesehatan.

Harapan itu disampaikan Gubsu Erry saat menerima audiensi rombongan Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan Bambang Prabowo di ruang kerjanya, Rabu (2/8/2017).

Diketahui, rumah sakit Adam Malik langsung di bawah Kementerian Kesehatan tersebut telah berusia 24 tahun sejak diresmikan oleh Presiden RI pada 21 Juli 1993.

Di usia itu, diharapkan Adam Malik menjadi pionir dan membuat terobosan dalam inovasi seperti membangun sistem pelayanan berbasis IT, agar memudahkan masyarakat mendapatkan akses perawatan.

Baca Juga:  Antisipasi Marak Maling Camat Binjai Selatan Aktifkan Siskamling

“Bagaimana sistem pelayanan berbasis IT itu, bisa membuat masyarakat tidak perlu lagi terlalu lama antre. Walaupun misalnya pasien dari daerah (luar Kota Medan) akan ke RS Adam Malik, mereka bisa cek melalui ponsel. Termasuk ketersediaan kamar bisa diketahui langsung dan dirujuk ke tempat lain,” sebutnya.

Dengan rencana penggunan sistem pelayanan berbasis IT nantinya, Gubernur berharap Sumut bisa menjadi yang terdepan.

Karena itu dirinya menekankan pentingnya inovasi dengan sistem online. Termasuk juga dengan mempublikasi produk pelayanan unggulan serta fasilitas yang ada di RSU Adam Malik kepada masyarakat luas.

“Tergantung kita maunya seperti apa. Apakah maunya biasa-biasa saja, apa mau terbelakang atau mau yang terdepan. Kalau mau maju paling depan, ya harus berinovasi,” kata Erry.

Baca Juga:  Dinas P3AM Pemko Binjai Terima 25 Aduan Masyarakat Sepanjang Tahun 2021

Sementara Dirut RSUP H Adam Malik Bambang Prabowo menyampaikan, dalam rangka memperingati HUT ke-24 tahun RS Adam Malik, pihaknya akan meresmikan gedung pelayanan kesehatan oleh Menteri Kesehatan pada 5 Agustus mendatang.

“Jadi ada tiga gedung yang diresmikan yaitu paviliun, gedung unit transfusi darah (UTD) dan satu lagi unit Hemodialisa (cuci darah). Selama ini beberapa keluhan masyarakat, banyak sekali tidak bisa dilayani dengan cepat karena keterbatasan alat. Sehingga sekarang akan ada 100 alat cuci darah,” katanya sekaligus menyebutkan bahwa UTD di RSU Adam Malik adalah satu-satunya di Sumatera dan diakui PMI.

Pihaknya juga berharap Pemprov Sumut memberikan perhatian dan dukungan untuk sosialisasi keberadaan fasilitas layanan kesehatan yang ada di rumah sakit tersebut.

Baca Juga:  Pria Tanpa Identitas Tewas Digilas Kereta Api

Bambang pun mengaku bersedia ikut membantu pemerintah jika dibutuhkan. “Walaupun kami ini rumah sakit vertikal (pusat), tetapi kami ada di Sumut dan bagian dari Sumut,” katanya. [ded]

Terkait


Berita Terbaru